Kantongi Suara Terbanyak, H Rokhmat Ardiyan Berpeluang Kuat Melenggang ke Senayan
Calon kuat anggota DPR RI Partai Gerindra dari Jabar X H Rokhmat Ardiyan (kaos putih bertopi) bersama istri Hj Dian Puspita, saat berbaur dengan ribuan masyarakat di lokasi CFD, Jalan Siliwangi Kuningan, belum lama ini. (FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM)

Kantongi Suara Terbanyak, H Rokhmat Ardiyan Berpeluang Kuat Melenggang ke Senayan

SiwinduMedia.com – Persaingan ketat perolehan suara sementara terjadi di internal Partai Gerindra untuk Calon Anggota DPR RI Periode 2024-2029 mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat X (Kuningan, Ciamis, Banjar, Pangandaran).

Berdasarkan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) suara Pemilu 2024 di laman KPU RI (pemilu2024.kpu.go.id), Selasa (20/2/2024) pukul 23.00 WIB, Calon Anggota DPR RI dari Partai Gerindra nomor urut 2 H Rokhmat Ardiyan MM, telah mengantongi sebanyak 25.242 suara, atau meraih suara terbanyak dibanding 6 Calon lainnya di internal Partai ini.

Dengan mengantongi suara terbanyak meski baru sementara, H Rokhmat Ardiyan diyakini bakal melenggang ke Senayan (DPR RI, red), terlebih dari kabar di internal timnya, Bos Arunika tersebut sebenarnya telah meraup hampir 60 ribu suara.

Posisi pertama sebagai pemilik peluang besar lolos ke gedung DPR RI, H Rokhmat Ardiyan dimungkinkan belum bisa tidur nyenyak, lantaran posisinya terus dibayang-bayangi pesaing beratnya di internal Partai Gerindra nomor urut 1, H Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Dari Sirekap KPU itu, Iwan Bule menempati posisi kedua di bawah Rokhmat Ardiyan dengan raihan sementara sebanyak 23.351 suara.

Belum bisa dipastikan berapa sebenarnya raihan suara Iwan Bule berdasarkan pendataan internalnya bersama tim. Hanya saja memang sejak awal kemunculan Iwan Bule dalam pencalonan anggota DPR RI dari Jabar X, namanya terus melambung hingga kejar-kejaran dengan Rokhmat Ardiyan dalam meraih suara pemilih.

Belum ada pernyataan resmi baik dari Rokhmat Ardiyan maupun Iwan Bule terkait raihan sementara suara mereka kala muncul persaingan ketat di data Sirekap. Begitu pula belum ada statemen khusus dari Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kuningan H Dede Ismail SIP terkait progress raihan suara kedua tokoh Kuningan itu.

Baca Juga:  Tanpa Dede Ismail, 5 Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kuningan Siap Menangkan Rokhmat Ardiyan

Masih dari data sementara yang ditampilkan Sirekap, pada posisi suara terbesar ketiga di internal Partai Gerindra diraih oleh Caleg nomor urut 4 Fuji Abdul Rohman SH sebanyak 6.758 suara, disusul Caleg nomor 3 Siti Nurhalimah SH sebanyak 3.744. Lalu Caleg nomor urut 7 Ahmad Bahtiar Sebayang SE dengan meraih 2.356 suara, disusul posisi keenam oleh Caleg nomor 5 Arsy Syaekhan sebanyak 1.212 suara, dan posisi ketujuh diraih Caleg nomor 6 Shopi Dwi Syifa Faujiah SPdI sebanyak 727 suara.

Dari data sementara dalam Sirekap KPU RI tersebut, menunjukkan perolehan suara partai Gerindra sebanyak 21.120, sehingga jumlah total suara sah Partai dan 7 Calegnya sebanyak 83.532 suara. Gambaran ini memastikan Gerindra akan meraih 1 kursi DPR RI dari perwakilan Dapil Jabar X.

Sementara, 6 kursi lainnya tergambar dalam Sirekap melalui grafik akan diraih parpol-parpol besar. PDI Perjuangan bertengger di posisi teratas dengan raihan total suara sah Parpol dan Caleg sebanyak 95.956 suara.

Adapun 1 kursi PDIP dalam update terbaru Sirekap diperebutkan oleh 2 Caleg peraih suara terbanyak, yakni Caleg nomor urut 3 Hj Ida Nurlaela Wiradinata dengan raihan sebanyak 23.844 suara, dibayang-bayangi oleh Caleg nomor urut 2 Luthfi Fauzi SHI MM dengan menempati posisi suara terbanyak kedua sebesar 15.560.

Baca Juga:  Sekjen Partai Gerindra Puji Alam Kuningan Saat Berkunjung ke Pendopo H Rokhmat Ardiyan

Berikutnya pada posisi peraih suara sementara Parpol ketiga untuk DPR RI Dapil Jabar X, yakni oleh Partai Golkar dengan mengantongi total sebanyak 79.144 suara. Untuk peraih suara terbanyak di Partai ini tak lain adalah senior Golkar DrTr Agun Gunandjar S BcIP MSi bernomor urut 1 sebanyak 22.949 suara, dibayang-bayangi peraih suara kedua nomor urut 2 Kholis Malik sebanyak 19.195 suara.

Calon peraih kursi ke-4 berdasarkan data Sirekap diraih oleh PKB dengan mengantongi total sementara sebanyak 62.259 suara. Untuk Caleg peraih suara terbanyak di PKB ada pada nomor urut 3 Rina Sa’adah Lc MSi sebanyak 16.932 suara, diikuti peraih suara terbanyak kedua yang tak lain Calon Incumbent H Yanuar Prihatin pada nomor urut 1 dengan meraih sebanyak 10.248 suara.

Lalu untuk calon peraih kursi kelima DPR RI Dapil Jabar X, adalah PKS dengan total suara sementara 58.643. Yang paling berpeluang menduduki kursi DPR RI dari PKS adalah Caleg nomor 1 yang merupakan incumbent Dr KH Surahman Hidayat MA dengan meraih suara sebanyak 22.744, 6 Caleg di bawahnya tertinggal jauh dari Surahman.

Selanjutnya, untuk calon peraih ke-6 adalah PAN dengan total raihan suara sementara sebanyak 38.068 suara. Di PAN ini, Caleg peraih suara terbanyak atas nama Ir H Herry Dermawan nomor urut 2 sebanyak 17.507. 6 Caleg PAN lainnya berada pada posisi jauh tertinggal dari Herry.

Baca Juga:  Ulang Tahun ke-5, Bagasi Kuningan Ngaliwet Bareng Rokhmat Ardiyan

Terakhir untuk posisi kursi ke-7 berdasarkan raihan suara sementara pada Sirekap KPU RI, ditempati oleh Partai Nasdem dengan total sebanyak 34.470 suara. Untuk Caleg yang berpeluang masuk adalah nomor urut 5 Dr Shohibul Imam CA CPA sebanyak 12.605 suara.

Namun demikian, Nasdem ternyata dibayang-bayangi suara PPP yang berbeda tipis dalam Sirekap. Total suara PPP sebanyak 32.190 suara, selisih 2.280 suara, sehingga bisa saja kemudian suara Nasdem tersalip oleh PPP, sehingga kursi ke-7 akan diduduki Partai Ka’bah, mengingat input data di Sirekap baru sebanyak 50,17%.

Peraih suara terbanyak di PPP sendiri tak lain adalah Caleg incumbent nomor urut 2 KH Asep A Maoshul Affandy dengan meraih suara sementara sebanyak 16.493. Peraih suara kedua di PPP adalah Caleg nomor urut 1 yang merupakan Bendahara Umum DPP PPP asal Kabupaten Kuningan Arya Permana Graha dengan raihan sebanyak 8.086 suara.

Sementara Partai Demokrat sepertinya harus merelakan kehilangan kursi DPR RI Dapil Jabar X yang saat ini diduduki H Didi Irawadi Syamsuddin SH. Dalam deretan Caleg RI Partai Demokrat tahun 2024 ini, Didi menempati nomor urut 1 dengan meraih suara sementara sebanyak 13.871. Adapun total sementara raihan suara Partai Demokrat dari Sirekap KPU sebanyak 29.881 suara.

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …