15 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan yang Paling Hits dan Menarik untuk Dikunjungi
Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal akan destinasi wisata alam menarik. (Foto: Tribuntravel.com)

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan yang Paling Hits dan Menarik untuk Dikunjungi 2023

Siwindumedia.com – Kabupaten Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat. Kuningan dikenal banyak orang karena memiliki banyak objek wisata yang menarik dan hits.

Alamnya yang indah, potensi air terjun dan air panas yang dimiliki, membuat Kuningan bisa jadi salah satu alternatif tempat liburan bersama keluarga.

Disamping itu, kota ini juga terkenal akan sejarah dan kebudayaanya yang masih kental dan terus dilestarikan. Mendapat julukan sebagai kota Kuda, hal tersebut dikarenakan hewan tersebut memiliki pengaruh besar pada zaman kesultanan terdahulu.

Wisata di Kuningan bisa menjadi alternative liburan yang rekomended bagi anda dan keluarga. Tak hanya itu, anda akan diberikan kenyamanan dalam perjalanan dan biaya terjangkau tentunya tak akan menguras kantong.

Berikut daftar destinasi liburan rekomended di Kuningan yang bisa anda kunjungi bersama orang tersayang:

1. Waduk Darma

Pengelola Waduk Darma Kuningan Tracking Pengunjung, 1 Wisatawan Reaktif Covid-19 - Bagian 1

Banyak orang yang mengira tempat ini adalah sebuah danau alami. Padahal, Waduk Darma merupakan sebuah waduk yang memiliki luas sekitar 400 hektar yang digunakan masyarakat untuk mengairi persawahan di sana.

Berbagai fasilitasnya seperti toilet, tempat ibadah, taman bermain anak, mini train, flying fox, area perkemahan dan warung makan hingga toko oleh-oleh. Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp 10.000 untuk anak-anak dan untuk orang dewasa sekitar Rp 15.000.

2. Wisata Cibulan

WISATA CIBULAN Tiket & Aktivitas Juli 2023

Tempat wisata Kuningan berikutnya adalah Cibulan yang merupakan sebuah tempat pemandian. Uniknya, tempat wisata ini memiliki beberapa mitos yang dipercaya oleh warga sekitar.

Di salah satu kolam dipercaya hidup ikan keramat, bahkan jumlah ikan di kolam tersebut tidak berkurang atau bertambah sejak ratusan tahun yang lalu. Ketika berkunjung ke sini, pengunjung diharapkan menghormati norma dan tidak menangkan satupun ikan di kolam tersebut.

Pengunjung bisa datang ke Cibulan yang berlokasi di Maniskidul, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Baca Juga:  Masa Jaya Linggarjati Park Kini Tinggal Cerita, Dulu Ramai Sekarang tak Berpenghuni

3. Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem: Harga Tiket, Rute, dan Daya Tarik Halaman all - Kompas.com

Tempat wisata ini menawarkan keindahan telaga yang jernih, sehingga pengunjung bisa melihat banyak ikan hanya dari pinggir Telaga Biru Cicerem. Sebelum masuk wisatawan akan dikenai biaya sekitar Rp 10.000 per orang, parkir mobil Rp 5.000 dan Rp 2.000 untuk motor.

Spot untuk berfoto bersama keluarga maupun pasangan atau teman juga banyak. Salah satu yang paling populer adalah ayunan di tengah danau. Telaga yang berlokasi di Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat ini dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

4. Sukageuri View

Objek Wisata Sukageuri View Kuningan Jawa Barat

Tempat ini menawarkan panorama alam yang cantik berupa pedesaan asri dari atas ketinggian.  Terdapat gardu pandang beraneka bentuk seperti bentuk cinta, rumah hingga tangan dari ranting pohon yang bisa dijadikan tempat foto. Tiket masuk Sukageuri View adalah sekitar Rp 5.000 per orang dan sudah bisa santai ditemani pemadangan alam yang mengagumkan.

5. Pemandian Air Panas Sangkanurip

Harga Tiket Masuk Sangkanurip Hot Spring, Kabupaten Kuningan - Jun 2023 | Renangloka

Salah satu tempat yang direkomendasikan wisata Kuningan adalah pemandian air panas Sangkanurip. Pemandian air panas ini memiliki suhu kurang dari 40 derajat. Jika butuh tempat untuk berendam air panas dan merasakan rileks sejenak, lokasi ini patut untuk kamu datangi. Harga tiketnya dimulai dari Rp 8 ribu untuk setiap pengunjung.

6. Kebun Raya Kuningan

KEBUN RAYA KUNINGAN Tiket & Daya Tarik Wisata Juli 2023

Kebun Raya Kuningan adalah salah satu lokasi wisata yang sangat nyaman dan asri. Sempat tutup sementara akibat perbaikan, kini kamu sudah bisa berkunjung ke lokasi wisata Kuningan satu ini.

7. Sangkan Resort Aqua Park

tempat piknik di kuningan

Tempat wisata Kuningan Sangkan Resort Aqua Park memiliki banyak fasilitas yang bisa menunjang pengunjung saat liburan. Untuk masuk ke sini cukup membayar sekitar Rp 75 ribu setiap orang.

Baca Juga:  3 Hari Pasca Lebaran Idul Fitri 1444 H, 15 Ribu Lebih Pengunjung Masuk ke OW Waduk Darma Kuningan

Alamat: Jl. Raya Bandorasa No.KM 12, Bandosara Wetan, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Baca Juga:

Sangkan Park Hotel & Resort: Satu-satunya Hotel Bintang 4 di Kuningan Jawa Barat

8. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang, Objek Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Kuningan - iTrip

Lokasi wisata Kuningan satu ini berada di sisi punggung gunung yang tentunya sangat alami dan sejuk. Lembah Cilengkrang ini sangat cocok untuk kamu yang punya hobi mendaki. Untuk masuk ke sini, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 15 ribu saja.

9. Curug Bangkong

CURUG BANGKONG Kuningan Tiket & Aktivitas Juli 2023

Wisata Kuningan berikutnya adalah Curug Bangkong yang memiliki air terjun setinggi 20 meter. Pengunjung bahkan bisa menikmati kesejukan di sini tanpa dipungut biaya sepeser pun, namun tetap harus menjaga kebersihan tentunya.

Alamat: Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

10. Taman Cisantana

Taman Cisantana - Harga Tiket Masuk & Spot Foto Terbaru 2023

Wisata Kuningan berikutnya adalah Taman Cisantana yang cukup menarik untuk kamu kunjungi saat berlibur. Taman ini merupakan hasil dari aktifitas vulkanik yang pernah terjadi.

Beberapa batu besar yang terletak di sini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung. Harga tiket masuk sekitar Rp 10 ribu per orang.

11. Woodland Kuningan

Jumlah Pengunjung Woodland Kuningan Meningkat, Banyak Wisatawan Main Sosorodotan Pelangi - Tribuncirebon.com

Woodland adalah wisata Kuningan kekinian dengan fasilitas outbound seru, yang ada di Jalan Ragasakti Nomor 130, Setianegara,  Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.

Daya tarik dari Woodland adalah adanya jalan dari kayu yang terbentang di tengah hutan rimbun. Jalan tersebut terlihat estetik untuk dijadikan spot foto yang diunggah di media sosial. Biaya masuknya terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

12. Pondok Pinus Palutungan

Pondok Pinus Palutungan: Lokasi, & Harga Tiket

Alternatif tempat wisata Kuningan lainnya adalah Pondok Pinus Palutungan. Pengunjung yang datang ke tempat ini kebanyakan berniat berburu foto instagenic, lantaran banyak spot foto seperti di dunia fantasi maupun ala Eropa.  Ada rumah warna-warni, gerbang yang didesain seperti di film-film fantasi, hingga rumah dengan balon yang mirip dengan yang ada di film animasi Disney berjudul UP.

Baca Juga:  Fantastis! Kunjungan Wisata di Kuningan Capai 150 Ribu Orang Selama Libur Lebaran

13. Bumi Perkemahan Ipukan

Bumi Perkemahan Ipukan - Harga Tiket & Spot Foto Terbaru 2023

Lokasi dari Bumi Perkemahan Ipukan sendiri berada di Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Anda bisa mengunjungi obyek wisata alam di Kuningan satu ini menggunakan kendaraan.

Harga tiket masuknya pun cukup murah, anda cukup membayar HTM seharga Rp.15.000/orang. Sedangkan untuk biaya camping di Bumper Ipukan sendiri yaitu tenda Star Camp Rp.300.000 – Rp.500.000 (tergantung jenis dan kapasitas tenda serta layanan yang di dapatkan).

14. Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot - TempatWisata.pro

Rasanya jika berkunjung ke Kuningan, tempat wisata satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Wisata Alam Linggarjati Kuningan ini merupakan gerbang awal untuk para pendaki, karena terletak di kaki Gunung Ciremai.

Pengunjung akan disuguhi udara sejuk pegunungan dan pemandangan langsung ke gunung Ciremai. Untuk masuk lokasi ini, pengunjung harus membayar Rp 12.500 per orang.

15. Bukit Panembongan

Bukit Panembongan - Harga Tiket Masuk & Spot Foto Terbaru 2023

Bukit Panembongan bisa anda kunjungi untuk merasakan sensasi berlibur dengan aroma petualangan di Kuningan Jawa Barat. Panorama yang indah dari atas Bukit Panembongan akan merefresh kepenatan jiwa dan beban pikiran.

Anda bisa mengunjungi Bukit Panembongan dengan mudah karena lokasinya berada di Tembong, Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bukit Panembongan sendiri tidak hanya menyajikan keindahan saja namun juga wisata murah meriah di Kuningan.

Harga tiket masuk wisata Bukit Panembongan sendiri yaitu Rp.5.000/orang.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata Kuningan yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Untuk tarif masuknya sendiri bisa saja berubah sesuai ketetapan dari pihak penyelenggara tempat wisata yang bersangkutan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www siwindumedia com/5137/15-rekomendasi-tempat-wisata-di-kuningan-yang-paling-hits-dan-menarik-untuk-dikunjungi

Cek Juga

Perdana Agenda Disporapar, Festival Durian di Desa Wisata Cibuntu

Perdana Agenda Disporapar, Festival Durian di Desa Wisata Cibuntu

SiwinduMedia.com – Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Disporapar, secara resmi mengumumkan Calendar of Event (COE) pariwisata …