Simak Jadwalnya! Jatah Libur Awal Puasa 2024, Untuk Anak Sekolah
Foto: Dok. Suara.com

Simak Jadwalnya! Jatah Libur Awal Puasa 2024, Untuk Anak Sekolah

SiwinduMedia.com – Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 terbitan Kemenag RI, Ramadhan diprediksikan jatuh pada 12 Maret 2024. Artinya, jika dihitung mundur maka Ramadhan 2024 akan tiba 22 hari lagi.

Meski demikian, penetapan pastinya masih menunggu keputusan pemerintah melalui sidang isbat Kemenag.

Perintah ibadah puasa sendiri disebutkan dalam sejumlah ayat Al-Qur’an, salah satunya surah Al Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Mengutip buku Amalan di Bulan Ramadhan tulisan Mardiyah, puasa Ramadhan wajib bagi setiap umat Islam yang telah baligh dan berakal sehat.

Karenanya, puasa tidak diwajibkan bagi anak kecil, namun orang tuanya tetap harus mengajari sejak umur mereka menginjak 7 tahun.

Kehadiran bulan puasa disambut dengan suka cita oleh umat Muslim, bahkan dijadikan sebagai kesempatan kumpul bersama keluarga, apalagi bagi anak sekolah atau rantauan.

Baca Juga:  Aturan Baru! Gunakan Air Tanah, Wajib Dapat Izin dari Kementerian ESDM

Untuk siswa sekolah biasanya akan mendapatkan waktu libur untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Libur awal puasa ini biasanya diberikan kepada anak sekolah selama 2-3 hari.

Lantas kapan ketentuan libur awal puasa 2024 berlaku? 

Di kutip dari detik.com, ketentuan awal puasa ditetapkan melalui penanggalan Hijriah. Penentuan tersebut dilakukan berdasarkan peredaran bulan dari awal muncul atau disebut juga dengan keputusan hilal. Kalender ini digunakan sebagai acuan hari penting Islami seperti Ramadan, Isra Miraj, Idul Fitri hingga Idul Adha.

Merujuk situs Simbi Kemenag RI, awal Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada 12 Maret 2024. Kendati begitu, ketetapan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sebab menyesuaikan keputusan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama RI.

Penetapan awal Ramadan biasanya mendapat kesempatan libur sebanyak 2-3 hari untuk anak sekolah. Awal puasa tahun ini diperkirakan libur terjadi pada tanggal 12-14 Maret 2024. Penetapan tersebut masih bersifat estimasi karena dapat berubah menyesuaikan kondisi.

Persiapan Sambut Bulan Puasa

Ada beberapa kegiatan atau ibadah yang bisa dilakukan untuk menyambut awal puasa. Persiapan tersebut dilakukan untuk membiasakan diri beribadah maksimal hingga bulan Ramadan tiba. Berikut beberapa persiapan yang bisa dilakukan:

Baca Juga:  Kejutan! Relawan Gibran dan Jokowi se-Jateng dan Jatim resmi Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

1. Puasa Sunnah

Belajar puasa sebelum Ramadan dapat dilakukan dengan menjalankan puasa sunnah di bulan Rajab dan Syaban. Hal itu dapat membantu tubuh terbiasa untuk menahan lapar dan haus serta melatih kedisiplinan.

2. Memperbanyak Doa

Usai menjalankan ibadah wajib sempatkan untuk berdoa meminta kekuatan, kesehatan hingga kelancaran ketika Ramadan. Berdoa termasuk salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga diberikan kelancaran dalam menjalani ibadah Ramadan nanti.

3. Berzikir

Selain berdoa, membiasakan diri berzikir menjadi salah satu cara untuk terbiasa menjalani ibadah puasa. Ada banyak zikir yang bisa dilakukan, salah satunya istighfar. Membaca zikir tersebut bertujuan untuk memohon pengampunan kepada Allah SWT sebelum beribadah di bulan Ramadan.

4. Membayar Utang Puasa

Apabila detikers punya utang puasa di tahun sebelumnya dapat dilunasi dengan cara mengganti sesuai jumlah yang ditinggalkan atau disebut juga dengan puasa qadha. Berdasarkan buku Panduan Terlengkap Ibadah Muslim Sehari-hari karya KH. Muhammad Habibillah, puasa qadha adalah puasa yang dilakukan seorang Muslim untuk mengganti puasa wajib yang tertinggal. Baik disengaja maupun tidak.

Baca Juga:  Viral Kata Bajingan! Ternyata Mempunyai Dua Makna

5. Menjauhi Maksiat

Perbuatan maksiat sudah seharusnya dijauhi umat Muslim. Menjelang Ramadan perlu menguatkan iman supaya dapat menjauhi maksiat. Hal-hal yang memicu terjadinya maksiat maka perlu dihindari sehingga kondisi diri terkhusus hati dapat terjaga.

6. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Durasi membaca Al-Quran menjelang Ramadan dapat ditingkatkan lagi dengan cara memahami makna dan kandungannya. Hal itu menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus latihan untuk mengkhatamkan Al-Quran selama 1 bulan saat Ramadan.

Nah, itulah perkiraan libur awal puasa untuk anak sekolah SD hingga SMA beserta persiapan menyambut Ramadan. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …