Inilah Caleg DPR RI Dapil Jabar X yang Berpotensi Lolos ke Senayan
Foto : Screenshoot Sirekap KPU RI

Inilah Caleg DPR RI Dapil Jabar X yang Berpotensi Lolos ke Senayan

SiwinduMedia.com – Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (Sirekap) serentak 2024 (Pilpres dan Pileg) KPU RI terus berjalan meski dirundung banyak kritikan.

Khusus untuk rekapitulasi sementara Calon Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar X (Kuningan, Ciamis, Banjar, Pangandaran), sudah mulai bisa ditebak siapa saja Caleg yang berpotensi lolos menduduki kursi empuk di ‘Senayan’.

Update terbaru hingga pukul 01.07:28 WIB, Sabtu (17/2/2024), angka menunjukkan sebanyak 43.12% (4.095 dari 9496 TPS) suara masuk ke Sirekap KPU RI untuk Caleg DPR RI Dapil Jabar X. Alhasil, PDI Perjuangan bertengger di urutan tertinggi dengan raihan sebanyak 64.262 suara (16,27%).

Pada posisi tertinggi kedua ditempati Partai Gerindra dengan meraih sebanyak 57.083 suara (14,45%). Lalu posisi ketiga ditempati Partai Golkar dengan meraih sebanyak 53.623 suara (13,58%).

Selanjutnya peraih suara terbanyak keempat diduduki oleh PKB dengan perolehan sebanyak 46.441 suara (11,76%), disusul posisi kelima oleh PKS dengan raihan 40.355 suara (10,22%).

Di posisi keenam, ada PAN yang meraih sebanyak 29.185 suara (7,39%), posisi ketujuh oleh Partai Nasdem sebanyak 27.120 suara (6,87%), posisi ke-8 ditempati Partai Demokrat sebanyak 22.188 (5,6%), dan posisi ke-9 oleh PPP dengan meraih sebanyak 21.697 suara (5,49%). Selebihnya berada di bawah raihan 2% suara.

Baca Juga:  DPR RI Sahkan RUU ASN, Instansi Pemerintah Dilarang Rekrut Tenaga Honorer

Berdasarkan data sementara yang diambil dari Sirekap KPU tersebut, maka sudah dapat diprediksi siapa-siapa saja Caleg RI Dapil Jabar X yang berpotensi lolos ke ‘Senayan’ berdasarkan raihan suara terbanyak di masing-masing Parpol untuk memperebutkan kuota 7 kursi.

Untuk PDI Perjuangan, terdapat 2 nama Calegnya yang memperoleh suara terbanyak. Salah satunya akan lolos ke ‘Senayan’, atau bahkan keduanya sama-sama akan lolos. Mereka adalah Caleg nomor urut 3 Hj Ida Nurlaela Wirasinata dengan raihan sementara sebanyak 17.913 suara (tertinggi), disusul posisi kedua bernomor urut 1 (Incumbent) Drs M Nurdin MM dengan meraih sebanyak 13.157 suara.

Pada posisi kursi kedua adalah Partai Gerindra. Juga ada 2 nama Caleg yang meraih suara terbanyak sementara, dan salah satunya bakal lolos ke ‘Senayan’. Mereka adalah Caleg nomor urut 2 H Rokhmat Ardiyan MM dengan meraih suara terbanyak 19.668, disusul Caleg nomor urut 1 Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dengan meraih sebanyak 17.079 suara.

Untuk posisi kursi ketiga berpotensi dimenangkan oleh Caleg dari Partai Golkar. Juga terdapat 2 nama yang salah satunya bakal lolos ke gedung DPR RI. Mereka adalah Caleg (Incumbent) nomor urut 1 DrTr Agun Gunandjar S BcIP MSi dengan meraih suara terbanyak 16.400, disusul peraih suara terbanyak kedua bernomor urut 2 Kholis Malik sebanyak 15.422 suara.

Baca Juga:  Kemah Ceria Bareng Arya Permana Graha : From Zero to Hero

Untuk perebutan kursi keempat berpotensi diduduki oleh Caleg dari PKB. Hasil sementara dari Sirekap KPU, ada 2 Caleg baru PKB yang berebut kursi DPR RI Dapil Jabar X, yakni Caleg nomor urut 3 Rina Sa’adah Lc MSi dengan meraih suara terbanyak 15.011, disusul peraih terbanyak kedua oleh Caleg nomor urut 5 Faikar Romdlon yang meraih 10.296 suara.

Kemudian, kursi kelima berpotensi diisi oleh Caleg dari PKS. Peraih suara terbanyaknya tak lain adalah Caleg Incumbent bernomor urut 1 Dr KH Surahman Hidayat Lc MA yang meraih sebanyak 15.748 suara. Surahman bertengger jauh melampaui Caleg-Caleg lainnya di PKS.

Sementara pada posisi keenam berpotensi diduduki Caleg dari PAN. Ada 2 nama yang salah satunya akan lolos ke ‘Senayan’, yakni Caleg nomor urut 2 Ir H Herry Dermawan yang meraih suara terbanyak sementara 13.879, disusul Caleg nomor 1 Dipo Nurhadi Ilham SE MM MBA dengan meraih 7.862 suara.

Terakhir di posisi kursi ke-7, berpotensi diraih Caleg dari Partai Nasdem. Bila Nasdem masuk pada bilangan terakhir, maka kemungkinan kursi DPR RI akan diduduki oleh Caleg nomor urut 5 Dr Shohibul Imam CA CPA dengan meraih sebanyak 14.853 suara.

Baca Juga:  Waduh! Tayangkan Konten Judi Online, Akun Youtube DPR RI Diretas Hacker

Sebagai catatan, ini hanya prediksi dengan potensi-potensi sesuai raihan suara masing-masing Parpol. Dari 7 Parpol tersebut, jika saja PDIP mendapatkan 2 kursi DPR RI Dapil Jabar X, maka potensi kursi terakhir (ketujuh) harus rela dilepas oleh Partai Nasdem.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www siwindumedia com/9197/inilah-caleg-dpr-ri-dapil-jabar-x-yang-berpotensi-lolos-ke-senayan

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …