Emak-Emak Kampus UMKM Kuningan Bagikan Makanan Takjil di Depan Taman Cirendang  
Para Emak Kampus UMKM Kuningan, membagikan ratusan dus paket takjil di depan Taman Cirendang, Kuningan, Jumat sore (15/3/2024). FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Emak-Emak Kampus UMKM Kuningan Bagikan Makanan Takjil di Depan Taman Cirendang  

SiwinduMedia.com – Puluhan emak yang tergabung dalam Forum Edukasi dan Diskusi Kampus UMKM Kuningan, mengemas dan membagikan ratusan dus makanan takjil di depan Taman Cirendang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jum’at sore (15/3/2024).

Uniknya, kecuali kurma dan air mineral, hampir semuanya makanan takjil ini merupakan produk UMKM yang biasa dijual oleh para pelaku UMKM untuk menambah penghasilan sehari-hari. Tampak Emak-Emak ini berkegiatan penuh semangat kekeluargaan dan gotong-royong sebagaimana yang selama ini ditanamkan di forum edukasi Kampus UMKM Kuningan.

Masing-masing secara sukarela mereka membuat dan mendonasikan produknya mulai dari kue basah seperti dadar gulung, risol, puding, pizza mini, onde-onde, brownies mini, mochi, gabin tape, piscok, pastel, dan lainnya, hingga kue kering seperti bola susu, sagon, dan kerupuk seblak, dan sebagian berdonasi uang.

Dipilihnya hari Jum’at pada awal Ramadhan, menurut Dewi Puspita Sari selaku Koordinator Divisi Sosial Forum Edukasi Kampus UMKM Kuningan, karena hari Jum’at merupakan rajanya hari yang penuh keberkahan, dan untuk berbuat baik harus disegerakan.

Baca Juga:  Istri Anggota Dewan Bagikan Ratusan Paket Nasi Kotak di Depan Gedung DPRD

“Alhamdulillah, hampir semua yang kita berikan adalah hasil produk para pelaku UMKM. Dipilihnya hari Jum’at, karena meski semua hari baik, namun kami ummat Muslim meyakini sebagaimana disampaikan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bahwa hari Jum’at adalah rajanya hari. Insya Allah banyak turunnya keberkahan. Dipilihnya awal-awal Ramadhan, karena prinsipnya jangan menunda berbuat baik, harus disegerakan,” ungkap Dewi kepada SiwinduMedia.com.

Adapun paket makanan Takjil yang dibagikan para Emak Kampus UMKM Kuningan kepada ojeg pangkalan, pedagang sekitar, supir angkot, ojol, dan para pengendara yang melintas di depan Taman Cirendang tersebut, untuk menyegerakan berbuka puasa jika waktunya tiba, namun masih dalam perjalanan.

Kegiatan berbagi ini, lanjut Dewi, diharapkan akan menjadi agenda kegiatan rutin setiap hari Jum’at selama bulan Ramadhan. Diharapkan pula, ini akan terus mengasah kepekaan sosial dari keluarga besar Kampus UMKM Kuningan, tentu saja selain tujuan utama yakni mencari ridhla Allah.

“Insya Allah kegiatan berbagi ini akan menjadi agenda rutin setiap hari Jum’at selama bulan Ramadhan. Bentuknya bisa pembagian takjil seperti sekarang, atau  bisa juga berbagi sembako dan lainnya. Semoga ini semakin mengasah kepekaan sosial Keluarga Besar Kampus UMKM Kuningan yang Masya Allah pada dasarnya sudah gemar bersedekah,” ujar Dewi.

Baca Juga:  Baznas Kuningan Buka Gerai Mikro Z-Ifthor Ramadhan Hingga H-5 Lebaran

Atas kegiatan amal ini, tampak masyarakat mengapresiasi dan merasa senang, mengingat di awal-awal Ramadhan belum banyak yang melakukan hal serupa. Hal ini sebagaimana disampaikan Riyan Purnama, pedagang yang biasa berjualan di Taman Cirendang.

“Acara berbagi takjil ini sangat bagus, di awal-awal Ramadhan ini setahu saya belum ada. Ini baru dari Kampus UMKM Kuningan. Semoga menjadi semangat dan motivasi untuk yang lain, dan biasanya di Minggu kedua baru bermunculan kegiatan bagi-bagi takjil,” ungkap Riyan.

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …