Foto bersama kegiatan program Ramadhan 1445 H MIS Gereba. Yaitu buka puasa bersama dan takjil on the street, Senin (1/4/2024). (Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com)

Jelang Libur Sekolah, MIS Gereba Bagi Takjil dan Buka Puasa Bersama

SiwinduMedia.com – Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Gereba yang beralamat di Dusun Manis RT 01 RW 01 Desa Gereba, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, jauh-jauh hari sudah mempersiapkan berbagai program pendidikan menyambut bulan Ramadhan 1445 H.

H Saepudin Hidayat, SAg selaku kepala sekolah MIS Gereba menginstruksikan kepada seluruh civitas MIS Gereba untuk mengisi bulan Ramadhan dengan banyak kegiatan positif dan membangun mental spiritual yang kuat buat para siswa-siswinya.

“Terlebih dasar pendidikan dari kategori Madrasah Ibtidaiyah adalah Agama, sudah menjadi kewajiban nilai-nilai keagamaan yang harus diperkuat dalam program kegiatannya,” ungkapnya.

Kurikulum Ramadhan yang dibuat MIS Gereba mengangkat tema “Bersihkan Hati, Sucikan Jiwa, Menuju Insan Kamil”, sudah dimulai sejak 14 Maret 2024, tiga hari setelah dimulainya berpuasa.

Juju Julaeha, SAg salah satu guru di MIS Gereba kepada SiwinduMedia.com, disela buka puasa menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun saat memasuki bulan Ramadhan.

“Untuk kegiatan penumbuhan budi pekerti atau pesantren kilat, kita mulai dari tanggal 25 Maret 2024 sampai 30 Maret 2024. Dimana di dalam nya juga terdapat kegiatan belajar, bagaimana cara pengelolaan zakat fitrah,” ujar Juju.

Baca Juga:  Segera Uninstall! 7 Jenis Aplikasi ini Bisa Buat HP Android Anda Lemot 

Runtutan kegiatan terakhir, MIS Gereba mengadakan buka puasa bersama dan takjil on the street kepada masyarakat, yang dilaksanakan sore hari pada tanggal 1 April 2024 oleh seluruh siswa-siswi beserta bapak/ibu guru.

“Karena esok harinya sudah memasuki libur sekolah, sengaja kegiatan ini dibuat terakhir sebagai ajang kumpul bersama, silaturahmi para siswa-siswi sebelum memasuki libur panjang Idul Fitri 1445 H,” jelasnya.

Tujuan pembagian takjil ini adalah untuk melatih semangat dan motivasi siswa-siswi untuk saling berbagi kepada sesama. Selama kegiatan berlangsung, tampak seluruh siswa-siswi sangat antusias dalam menjalankannya.

Sasaran dari takjil on the street MIS Gereba adalah para pengguna jalan depan sekolah dan mendatangi ke rumah-rumah warga Desa Gereba di sekitaran sekolah.

Para siswa-siswi membagikan takjil kepada pengendara motor dan warga Desa Gereba yang ada di sekitar sekolah, Senin (1/4/2024).
(Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com)

Salah satu siswa kelas 4, Muhammad Agi Ginanjar mengaku senang terlibat dalam kegiatan berbagi takjil tersebut. Terlebih saat memberikan bingkisan takjil pada pengendara yang melintas.

“Senang bisa berbagi kepada orang lain dan senang juga bisa berbagi dengan teman-teman sekolah,” ujarnya saat ditemui saat acara berbagi takjil berlangsung, Senin (1/4/2024).

Baca Juga:  Bermodal Foto Cantik di Akun Facebook, S Tipu Pekerja Tambang Rp 50 Juta

Juju menjelaskan, kegiatan berbagi takjil ini dilakukan merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama, khususnya di lingkungan masyarakat Desa Gereba dan masyarakat lainnya yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Dengan membagikan takjil ini diharapkan bisa membantu warga yang belum sempat menyiapkan makanan untuk berbuka, saat sedang masih dalam perjalanan menuju pulang ke rumah. Selain itu dengan kegiatan ini kami dapat berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di bulan Ramadhan ini,” tuturnya.

Aksi berbagi ini terselenggara berkat bantuan dan kerjasama antara majelis guru, komite sekolah dan orang tua siswa. Ia berharap melalui kegiatan tesebut dapat mempererat silaturahmi dengan masyarakat dan majelis guru.

Setelah membagikan takjil, para siswa-siswi berkumpul di Mesjid Desa Gereba yang berlokasi tepat di depan sekolah, untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Suasana buka puasa bersama siswa-siswi MIS Gereba.
(Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com)

Hingga tiba berbuka puasa, keceriaan begitu terpancar saat adzan magrib berkumandang. Anak-anak begitu gembira menikmati makanan dan minuman yang dibawa dari rumahnya masing-masing. Usai berbuka dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah.

 

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …