Launching Gerakan Kuningan Menanam, Pj Bupati : Melak Beu!

SiwinduMedia.com – Luasnya lahan pertanian di wilayah Kuningan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Launching Gerakan Kuningan Menanam “Melak Beu”.

Acara yang di launcing di halaman Setda Kuningan sekaligus penyerahan simbolis bibit sayuran kepada Perangkat Daerah se-Kabupaten Kuningan, Senin(3/6/24)

Dalam wawamcara dengan siwindiMedia.com, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Wahyu Hidayah mengatakan sampai saat ini, sebagian besar lahan pekarangan di Kabupaten Kuningan masih belum dimanfaatkan sebagai areal pertanaman aneka komoditas pertanian, khususnya komoditas pangan.

” Kabupaten Kuningan memiliki potensi lahan sawah seluas 27.323 Ha, Sedangkan potensi lahan pekarangan mencapai 10.000 Ha, sekitar 36% dari luas lahan pertanian. Potensi ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber penyedia bahan pangan yang bernilai gizi dan memiliki nilai ekonomi tinggi. ” Terang wahyu

Lebih lanjut Wahyu menuturkan ketahanan pangan erat hubungannya dengan pengendalian inflasi. Ketika suatu komoditas pangan mengalami penurunan, kemungkinan besar akan terjadi gejolak harga dipasar. Begitupun juga ketika suatu komoditas pangan panen berlimpah, hal tersebut juga berpengaruh pada stabilitas harga pasar.

Baca Juga:  Rumah di Desa Sayana Terbakar Hebat, Penghuni Jadi Korban Meninggal Dunia

Dirinya berharap dengan adanya lahan tersebut agar bisa dimamfaatkan secara optimal sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan serta pendapatan sekaligus pengendalian inflasi.

Ditempat yang sama Pj. Bupati Kuningan Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, menambahkan , ASN harus diberikan tanggung jawab langsung dalam menjaga, memelihara hingga ke masa panen.

” Ya Paling tidak untuk tomat, cabai dan sayuran tidak perlu beli, tetapi dapat memanfaatkan hasil yang ada, hal ini dapat membantu pencegahan inflasi. Selaku aparatur pemerintah, kita harus memberikan contoh kepada masyarakat. Program Melak Beu, harus diawali dari kita, untuk dibudidayakan secara berkelanjutan di masyarakat Kabupaten Kuningan”. Tambahnya

Iip juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dan seluruh aparatur/pegawai di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk memulai Gerakan Kuningan Menanam, Melak Beu. Manfaatkan sejengkal tanah pun dalam budidaya pangan, sehingga tanah akan lebih produktif, ketahanan pangan keluarga terjaga dan ekonomi masyarakat meningkat.

Cek Juga

Dituding Laporkan Sekda Dian ke KASN, Nuzul: Itu Konsultasi

Dituding Laporkan Sekda Dian ke KASN, Nuzul: Itu Konsultasi

SiwinduMedia.com – Ketua DPRD Nuzul Rachdy SE merasa geram dengan adanya tudingan dirinya telah melaporkan …