Angin Kencang, Hutan Ciremai Kebakaran, BPBD dan Damkar Turun Tangan
Titik kobaran api di Hutan Ciremai terlihat dari pemukiman warga Kuningan wilayah utara, Jumat malam (25/8/2023). Foto: Ist

Angin Kencang, Hutan Ciremai Bagian Utara Kebakaran, BPBD dan Damkar Turun Tangan

SiwinduMedia.com – Diduga akibat kencangnya angin yang melanda wilayah Kuningan saat ini, sejumlah titik di kawasan Hutan Gunung Ciremai dilaporkan terbakar.

Sejumlah laporan dari masyarakat Kuningan yang melihat kobaran api masuk ke grup WA BPBD dan Damkar Kuningan, Jumat malam (25/8/223). Bahkan terdapat laporan api terlihat dari wilayah Cirebon.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan Indra Bayu Permana SSTP, dalam keterangannya menyampaikan, dirinya bersama tim BPBD saat ini berposisi di BSB, yang dipastikan masih aman dari kobaran api.

“Masih jauh. Saya posisi BSB. Kita nunggu mesin potong rumput untuk membuat sekat bakar di bawah sekitaran BSB. Untuk memotong sebaran ke arah puncak atau ke Gunung Dulang. Tim 2 BPBD, TNGC, masyarakat Bantar Agung, tim BSB, kekuatan sekitar 22 orang,” kata Ibe, sapaan akrabnya.

Ikut menambahkan, Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kuningan, Mh Khadafi Mufti MSi. Ia menyampaikan informasi bahwa titik api di wilayah Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan. Di lokasi hutan Ciremai bagian utara ini, kobaran api ada di beberapa titik, yakni Blok Batu Luhur, Blok Gibug sudah bisa dipadamkan. Kini di titik tersebut sudah berhasil dipadamkan.

Baca Juga:  Embun Sang’ga Langit, Destinasi Kuliner Baru di Kaki Gunung Ciremai

“Untuk jajaran Damkar sudah membuat sekat bakar dengan menyemprotkan air di titik Blok Batu Luhur dan Blok Gibug. Kendaraan Damkar tidak masuk ke lokasi Bukit Seribu Bintang, sangat beresiko,” terang Khadafi.

“Sementara untuk di Bukit Seribu Bintang, api masih menyala, sedang dilakukan sisir oleh tim gabungan,” imbuhnya.

Saat ini, tim gabungan dari BPBD, Damkar, TNGC dibantu warga, tengah berupaya keras untuk memadamkan api dengan berbagai peralatan. Upaya keras mereka cukup memakan tenaga dan pikiran, mengingat tiupan angin begitu kencang di wilayah Kuningan, sehingga dikhawatirkan api terus menjalar ke wilayah lain.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …