Peringati Hardiknas 2024, Kabupaten Kuningan Akan Launching Mulok Gunung Ciremai
Sesi foto bersama dengan para siswa dan siswi yang mendapat penghargaan setelah juara dalam berbagai perlombaan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan. (Foto: Ist)

Peringati Hardiknas 2024, Kabupaten Kuningan Akan Launching Mulok Gunung Ciremai

SiwinduMedia.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2024 digelar di Lapangan Pandapa Paramarta, Kamis (02/05/2024). Bertindak sebagai pembina upacara, Penjabat Bupati Kuningan, Dr Drs H Raden Iip Hidajat Mpd.

Tahun ini, peringatan Hardiknas 2024 mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Para peserta yang hadir, terdiri dari siswa-siswi jenjang SD/MI sederajat, SMP/Mts sederajat, SMA/SMK sederajat. Tenaga pendidik dari berbagai jenjang pendidikan, Anggota PGRI dan ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Dari pantauan SiwinduMedia.com di lokasi, tampak hadir pula unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Para Pejabat Eselon II & III, Ketua TP PKK Kuningan, Ketua DWP Kuningan, Rektor & Ketua Perguruan Tinggi, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala BUMN/BUMD, Ketua Organisasi Keagamaan & Kemasyarakatan, Dewan Pendidikan dan Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan.

Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim yang dibacakan Pj Bupati, menyampaikan bahwa dalam lima tahun terakhir Kemendikbudristek telah menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar yang dipercaya merupakan langkah untuk memajukan Pendidikan Indonesia.

Baca Juga:  Sebulan 4 Kali Terbakar, Lahan Milik PT AS Putra Jadi Perhatian

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan, rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” ujar Nadiem.

Kendatipun wabah pandemi datang dan merintangi perjalanan, namun semua itu dapat dilewati dengan baik. Sehingga wajah baru pendidikan Indonesia dibangun bersama dalam bentuk Gerakan Merdeka Belajar.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena merdeka saat belajar di kelas. Melihat guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mendapatkan kepercayaan untuk mengenal murid-muridnya. Menyaksikan lagi para mahasiswa yang berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus,” jelasnya.

Dan sudah merayakan lagi, semarak karya-karya kreatif karena seniman dan para pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi.

Berkenaan akan berakhirnya masa jabatan Mendikbudristek Oktober nanti, Nadiem menyebutkan bahwa lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan merdeka belajar.

“Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan, sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan” harap Nadiem.

Baca Juga:  Pelanggaran Lalu Lintas Makin Banyak, Polda Metro Jaya Mulai Berlakukan Tilang Manual Kembali

Selepas membacakan sambutan Mendikbudristek, Iip mengajak kepada segenap peserta, terutama peserta didik untuk menjaga dan merawat kekayaan Kuningan melalui Gunung Ciremai.

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, dimana secara cakupan wilayahnya 60 persen ada di Kuningan. Gunung Ciremai telah memberikan banyak hal, baik dari pariwisatanya, pertanian, udaranya yang sejuk hingga mata airnya yang berlimpah.

“Bulan Juli nanti kita akan launching muatan lokal Gunung Ciremai, semua peserta didik di Kuningan. Dari jenjang Paud hingga Perguruan Tinggi harus bisa mengikuti pembelajaran ini, dengan harapan penerus kita akan menjaga ekosistem Ciremai,” jelas Iip.

Dalam rangka memperingati Hardiknas tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2024 ini, terdapat beberapa agenda yang telah diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan.

Salah satunya adalah berbagai perlombaan lingkup SD dan SMP seperti Cerdas Cermat, Kriya Anyam, Tari Kreasi, Vokal dan masih banyak lainnya.

Dalam rangkaian acara upacara Hardiknas tersebut, diberikan penghargaan buat para peserta yang mendapatkan juara pada saat perlombaan.

Baca Juga:  Pantang Pulang Sebelum Padam! Semangat UPT Damkar Kuningan yang tak Kalah Berkobarnya dengan Si Jago Merah

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …