Kreatif, Warga Jalaksana Arak-arakan Kendaraan Hias HUT Kemerdekaan RI ke-78
Kendaraan hias, kreasi warga Desa Jalaksana saat pawai alegoris usai upacara Kemerdekaan HUT RI ke - 78, Kamis (17/8/2023). Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Kreatif, Warga Jalaksana Arak-arakan Kendaraan Hias HUT Kemerdekaan RI ke-78

SiwinduMedia.comWarga Desa Jalaksana Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, mengisi dengan banyak beragam kegiatan masyarakat di momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 78.

Peringatan Hari kemerdekaan Republik Indonesia, selalu menyuguhkan kemeriahan sekaligus kegembiraan bagi seluruh lapisan masyarakat. Banyak lomba-lomba yang diadakan untuk memeriahkan acara 17 Agustus an ini.

Jauh hari sebelumnya, warga dengan suka rela bergotong royong menghias Desa dengan berbagai pernak pernik serba kemerdekaan.

Kepada SiwinduMedia.com, Kepala Desa Jalaksana, H Juhana, SPd MPd menyampaikan kegiatan yang telah dilakukan oleh warganya.

Menghias Desa dilakukan mulai dari memasang umbul-umbul di sepanjang ruas jalan Desa. Patok yang diberi cat merah putih, hingga membangun gapura dengan berbagai bentuk yang unik.

“Gotong royong warga dari 21 RT yang ada di Desa Jalaksana, diikuti mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa,” ucapnya.

Kamis (17/8/2023), pernak- pernik yang telah dipersiapkan oleh warga ditampilkan dalam pawai alegoris pada puncak peringatan HUT RI ke – 78.

Baca Juga:  Ganjar Ungkap Kriteria Cawapres Pendampingnya di Pilpres 2024

“Alhamdulillah, diawali dengan pengibaran bendera merah putih yang bertempat di Lapang Samudra Desa Jalaksana. Kegiatan peringatan HUT RI ke – 78, berlangsung sukses dan sangat meriah,” sambung Juhana.

Ini merupakan ekspresi kegembiraan dan rasa syukur masyarakat atas nikmat yang Alloh SWT berikan. Diantaranya kita bisa menghirup udara kemerdekaan.

Terlihat warga masyarakat dalam mengikuti upacara detik detik proklamasi kemerdekaan RI dengan penuh hidmat. Kemudian dilanjutkan dengan pawai alegoris, tampilan seluruh RT yang ada di Desa Jalaksana.

Lebih lanjut Juhana mengatakan, bahwa peringatan 17 Agustus di Desa Jalaksana bukan hanya sebuah acara rutin, melainkan sebuah panggung tempat kreativitas dan semangat warga tampil dengan gemilang.

Menurutnya setiap kostum yang dikenakan memiliki pesan dan makna yang mendalam. Mengajak kita semua untuk merenungkan nilai-nilai persatuan, toleransi, dan harapan yang melekat dalam semangat kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk terus membangun Desa melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga Desa.

“Kami akan terus konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah demi kemajuan masyarakat khususnya warga Desa Jalaksana,” tegas Juhana.

Baca Juga:  Ikut Jaga Keamanan dan Ketertiban, 5000 Mitra Babinsa Dikukuhkan Dandim 0615/Kuningan

Cek Juga

Sekda Dian Beri Arahan Para Kepala Desa di Kecamatan Cibeureum

Sekda Dian Beri Arahan Para Kepala Desa di Kecamatan Cibeureum

SiwinduMedia.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, memberikan arahan …