Karnaval Budaya Meriahkan Peringatan HUT RI di Desa Kertayasa
Peserta Karnaval Budaya dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 di Desa Kertayasa. Kamis, (17/8/2023). Foto : IST

Karnaval Budaya Meriahkan Peringatan HUT RI di Desa Kertayasa

SiwinduMedia.com – Rombongan karnaval budaya dari masing masing dusun berlangsung meriah dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 78 di desa Kertayasa kecamatan sindangagung kabupaten Kuningan. Kamis, (17/8/2023)

Para peserta karnaval yang mencapai lebih dari 1000 orang itu menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah Nusantara.

“Acara ini menampilkan karya kendaraan perang hias, kapal laut, tank baja, busana tradisional, tarian, musik, serta atraksi budaya santri yang merefleksikan keragaman etnis dan adat istiadat Indonesia,” kata kepala desa Kertayasa, Arief Amarudin.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan dan merayakan kekayaan budaya lokal dan nasional sambil memperingati hari penting dalam sejarah negara, yakni kemerdekaan Indonesia.

Dari tiga dusun tersebut kemeriahan di sempurnakan dengan kegiatan karnaval kapal perang hias dari RW.04 dengan tinggi berkisar lima meter juga pawai budaya yang diikuti seluruh komponen masyarakat lainnya serta peserta didik tingkat TK, SD dan SMP.

Ketua panitia penyelenggara Opa Muhammad Mustofa, menyatakan bahwa Kegiatan karnaval itu mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat dan semua komponen lembaga pendidikan dan unsur lainnya.

“Iya, tadi banyak warga yang minta foto bareng peserta karnaval, mereka melihat kegiatan karnaval sangat unik karena banyak yang mengenakan pakaian adat,” ujarnya.

Selain itu, meski banyak kegiatan perlombaan keagamaan dan lainnya di sejumlah tempat, namun tak menyurutkan masyarakat untuk berkunjung ke lapangan bola desa Kertayasa.

Jumlah pengunjung pada Kamis ini yang bertepatan pada 17 Agustus diperkirakan lebih dari seribu orang. Selain Karnaval Nusantara, pemdes kerrtayasa juga mengadakan tasyakuran HUT RI dan Muharam diisi dengan pawai lampion dan tabligh Akbar.

Cek Juga

Pemda Kuningan Bekali Ratusan Wartawan Karlipda

SiwinduMedai.com – Sebagai bentuk terjalinnya kemitraan Pemerintah Daerah dengan media massa, Pemda Kabupaten Kuningan melalui …