Jalan Santai dan Sepeda Santai Berhadiah, Cara Sosialisasi Pemilu 2024 Ala PPK Jalaksana
Andrea Sevano (bercelana pendek) warga Desa Sembawa, pemenang hadiah utama motor listrik, dalam acara jalan santai dan sepeda santai, program Sosdiklih dan Parmas pemilu 2024 yang digelar PPK Jalaksana, di Desa Sadamantra, Minggu siang (10/9/2023). Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Jalan Santai dan Sepeda Santai Berhadiah, Cara Sosialisasi Pemilu 2024 Ala PPK Jalaksana

SiwinduMedia.com – Dalam rangka mensukseskan seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Jalaksana, menggelar sosialisasi pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat melalui kegiatan Jalan Santai dan Sepeda Santai berhadiah.

Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat Kecamatan. Mengingat sejarah Pemilu tahun 2019, PPK Kecamatan Jalaksana mendapatkan point 82% menjadi urutan ke-4 se-Kabupaten Kuningan. Dari penilaian partisipasi masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilu.

Tentu dengan perbedaan Daftar Pemilih Tetap (DPT), antara Pemilu tahun 2019 dengan Pemilu 2024 nanti. Untuk Kecamatan Jalaksana, jumlah DPT sekarang ada 37000, kemungkinan ada pengurangan dan penambahan. Sekarang ini sudah memasuki tahapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Oleh karena itu, kita ingin keberhasilan di pemilu 2019, bisa terulang. Di Pemilu 2024 mudah-mudahan bisa meningkat, bisa lebih tinggi atau jelek-jeleknya sama dengan tahun 2019,” kata Asep Saepudin Purnama Alam MPdI selaku Ketua PPK Kecamatan Jalaksana, saat diwawancarai SiwinduMedia.com usai kegiatan berlangsung di PLA Jati Kersa Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana, Minggu (10/9/223).

Baca Juga:  Relawan Jaman Gempur Basis Anis Baswedan

Kegiatan ini, kata Asep, dilaksanakan untuk menyampaikan informasi tentang tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat. Hal itu agar masyarakat di wilayah Jalaksana dan sekitarnya dapat berperan aktif dalam mengenal betapa pentingnya Pemilu, untuk meminimalisir terjadinya golput.

Peserta yang hadir mengikuti kegiatan tersebut, masih kata Asep, mencapai ribuan orang. Untuk kegiatan ini, diakui Asep, PPK tidak mempunyai anggaran sama sekali.

“Tidak seperti di tahun 2019, kita ada anggaran bantuan dari pemerintah,” sebut Aspa, sapaan akrabnya.

Warga antusias mengikuti kegiatan gebyar jalan santai dan sepeda santai yang diselenggarakan oleh PPK Kecamatan Jalaksana, di Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana, Minggu (10/9/2023). Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

“Alhamdulillah, para tokoh masyarakat, pengusaha, serta dari Bacaleg yang domisili di Dapil 2 memberikan kontribusi nya untuk mensukseskan acara ini,” imbuhnya.

Ikut menambahkan, anggota PPK Jalaksana Divisi SDM dan Sosdiklih dan Parmas, Tenny VJ SPd. Menurutnya, kegiatan sosialisasi Pemilu tersebut dikemas dalam bentuk jalan santai dan sepeda santai. Banyak hadiah yang disediakan oleh panitia, termasuk yang paling menarik peserta adalah doorprize satu unit motor listrik dan sepeda listrik.

“Perlu diinformasikan juga, mengenai penjualan kupon jalan santai. Semua dana yang terkumpul bukan untuk panitia, tetapi kita olah lagi untuk pembelian hadiah-hadiah untuk kegiatan sekarang,” ujar Tenny.

Baca Juga:  Simak Jadwalnya! Jatah Libur Awal Puasa 2024, Untuk Anak Sekolah

Sementara itu, Wakil Bupati Kuningan H Muhammad Ridho Suganda SH MSi, dalam acara itu didaulat untuk membuka jalannya kegiatan. Acara dilepas pukul pukul 07.00 WIB.

Tampak ribuan warga antusias mengikuti acara demi acara walaupun cuaca saat itu cukup panas. Warga tetap bertahan di lokasi acara, karena berharap bisa mendapatkan hadiah.

Dalam rangkaian acara pengundian kupon, tidak lepas MC selalu menyelipkan informasi-informasi kepada masyarakat yang hadir seputar proses Pemilu 2024 nanti.

Ada juga Deklarasi Partisipasi Masyarakat, yang dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy SE, diikuti oleh para Bacaleg dari Dapil 2 yang diundang oleh Panitia, melalui group Humas Bakorwil Dapil 2.

“Kegiatan-kegiatan sosialisasi, akan terus kami gaungkan dengan berbagai tema dan target sasaran sosialisasi. Seperti ada program Sabatok dan juga kunjungan ke sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Jalaksana,” tutup Tenny.

Jelang puncak pengundian hadiah utama, tampak warga tambah merangsek ke bagian depan panggung. Akhirnya, puncak acara pengundian pun dimulai. Untuk hadiah sepeda listrik menjadi milik Novi, warga dari Desa Peusing Kecamatan Jalaksana.

Baca Juga:  Pemkab Kuningan Rilis Logo Peringatan Hari Jadi ke-525

Dan sebagai pemenang hadiah utama, yakni motor listrik. Ada drama dalam pengundian hadiah utama ini, dua kali nomor kupon yang telah diambil panitia tidak datang ke arah panggung. Sampai nomor kupon panggilan ke-3, dengan nomor 04430 bisa hadir ke atas panggung.

Peserta yang beruntung adalah Andrea Sevano yang beralamat di Dusun Puhun RT 07 RW 03 Desa Sembawa Kecamatan Jalaksana. Andrea beruntung, satu dari 30 kupon yang dia beli, bisa membawanya menjadi pemenang hadiah utama.

“Saya senang, tidak menyangka dan tidak mimpi apa-apa kalau siang ini bisa dapet motor listrik,” kata Sevano kepada SiwinduMedia.com.

Cek Juga

Sekda Dian Beri Arahan Para Kepala Desa di Kecamatan Cibeureum

Sekda Dian Beri Arahan Para Kepala Desa di Kecamatan Cibeureum

SiwinduMedia.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, memberikan arahan …