KPU Mulai Gelar Pleno Rekapitulasi Tungsura Pemilu 2024, Kapolres : Jangan Ada yang Ganggu
Sesi foto bersama usai acara pembukaan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan perolehan suara dalam Pemilu 2024 KPU Kabupaten Kuningan, Kamis (29/2/2024). (Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com)

KPU Mulai Gelar Pleno Rekapitulasi Tungsura Pemilu 2024, Kapolres : Jangan Ada yang Ganggu

SiwinduMedia.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan perolehan suara dalam Pemilu 2024 tingkat Kabupaten, di Hotel Horison Tirta Sanita Kuningan, Jalan Raya Panawuan – Sangkanurip Cigandamekar – Kuningan, Kamis (29/2/2024).

Rapat pleno ini diikuti sejumlah saksi parpol dari masing-masing peserta Pemilu 2024 dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kuningan Asep Budi Hartono dan empat anggota komisioner lainnya.

Ketua KPU Asep Budi Hartono atau yang akrab disapa Abuhar, mengatakan pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 lalu berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini tidak terlepas dari dukungan dari Pj Bupati Kuningan, jajaran TNI/Polri, dan seluruh unsur elemen masyarakat yang telah bahu membahu untuk mengikuti tahapan proses pemilu 2024.

“Setelah selesainya hitung suara tingkat PPK pada tanggal 17 Februari 2024 – 23 Februari 2024. Mulai hari ini, Kamis 29 Februari 2024 sampai dengan hari Minggu 3 Maret 2024, kami akan melakukan rekapitulasi hitung suara tingkat Kabupaten,” jelas Abuhar.

Baca Juga:  Update Kecelakaan Bus Pariwisata Guci Kabupaten Tegal: 1 Meninggal, 36 Penumpang Luka-luka

Ia menjelaskan, tahapan demi tahapan pemilu sesuai dengan Undang-undang nomor 7 tahun 2017, sesuai dengan PKPU nomor 5 Tahun 2024, dan keputusan KPU nomor 219 tentang petunjuk pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dalam pemilihan umum.

“Rapat pleno dilakukan secara terbuka dan transparan yang bisa dilihat oleh semua masyarakat melalui streaming youtube KPU Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara pemilu dan TNI/Polri yang telah menjalankan tugas dengan penuh integritas dan dedikasi yang tinggi. Sehingga pemilu 2024 di Kabupaten Kuningan berjalan aman, lancar, serta minim sekali gesekan.

“Sukses penyelenggaraan pemilu ini, adalah berkat persiapan dan pelaksanaan yang baik oleh lembaga pelaksana pemilu dari KPU, PPK, PPS, dan KPPS, Bawaslu, TNI/Polri, partai politik peserta pemilu, para pemilih serta masyarakat Kabupaten Kuningan,” ucapnya.

Meskipun pada pemilu 2024 ini, ada petugas penyelenggara pemilu yang meninggal dan kecelakaan dalam melaksanakan tugasnya. Tapi berkat koordinasi yang baik, pemerintah daerah sudah menganggarkan bagi para pejuang demokrasi dengan mendaftarkan jaminan sosial.

Baca Juga:  Semburkan Abu Setinggi 2 KM, Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Pagi ini

Iip meminta semua unsur, untuk ikut menjaga situasi keamanan dan ketertiban dalam pesta demokrasi ini, sehingga bisa memberikan kesempatan untuk bekerja maksimal sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Ia berharap semua pihak bisa menghormati hasil dari pemilu supaya apa yang menjadi komitmen bersama, untuk keberhasilan demokrasi di negara kita terwujud,” ujar Iip.

Lebih lanjut Iip menjelaskan siapapun nanti yang terpilih, baik Presiden dan wakil presiden, maupun anggota legislatif bisa menjaga dan melaksanakan amanah dalam memimpin dan mengawal negeri ini ke arah yang lebih baik.

“Semoga penyelenggaraan pemilu ini, bisa menjadi contoh dan pembelajaran untuk pelaksanaan pilkada nanti,” harapnya.

Sementara itu Kapolres Kuningan, AKBP Willy Andrian dalam wawancara usai acara pembukaan rapat pleno menjelaskan bahwa TNI/Polri, khususnya Polres Kuningan akan mendukung penuh keamanan dan ketertiban selama rapat pleno oleh KPUD berlangsung.

“Setiap harinya saya siagakan 100 personil dari polres dan polsek untuk menciptakan situasi aman dan kondusif. Saya himbau untuk pihak-pihak yang merasa berkeberatan dengan hasil rekapitulasi, dan ingin menyampaikan aspirasinya. Silahkan untuk beraudiensi setelah sidang pleno, tolong jangan ganggu disaat rapat pleno sedang berlangsung,” tegas Willy.

Baca Juga:  Ditanya Soal Peluang jadi Cawapres Anies, AHY Mengaku Semua Keputusan Tergantung Anies

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …