Kades Kertayasa Bicara Tatakelola Pemerintahan Desa, Singgung Pola Kepemimpinan
Kepala Desa Kertayasa Arief Amarudin, ketika menjadi Narasumber dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa (PEKAMAS) yang diselenggarakan oleh DPMD Propinsi Jawa Barat via zoom meeting, Selasa (12/9/2023). Foto: Ist

Kades Kertayasa Bicara Tatakelola Pemerintahan Desa, Singgung Pola Kepemimpinan

SiwinduMedia.com – Kepala Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Arief Amarudin bicara tata kelola pemerintahan Desa. Juga menyinggung pola kepemimpinan efektif saat menjadi narasumber kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa (PEKAMAS) melalui zoom meeting, Selasa, (12/9/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh DPMD Propinsi Jawa Barat, diikuti oleh 216 peserta se- Jawa Barat, unsur DPMD, Patriot Desa dan perwakilan perangkat Desa.

“Setidaknya ada tiga langkah awal yang harus dilakukan, pemetaan masalah Desa, pemetaan potensi kemudian merumuskan program berbasis masyarakat,” kata Arief.

Rumusan program berdasarkan analisa tersebut akan menjadi jawaban yang akan direalisasikan dan dituangkan dalam RPJMDes dan RKPDes.

“Kami membuat mind mapping (peta tahapan realisasi program) ditunjang data-data pendukung sebagai acuan pengambilan keputusan anggaran atau APBDes,” katanya.

Selain itu, Kang Kuwu menyinggung pola kepemimpinan, sejatinya seorang pemimpin menjadi teacher atau guru (digugu dan ditiru) dan menjadi tauladan untuk masyarakat.

Pemimpin juga harus menjadi waiter (pelayan) yang siap melayani masyarakat dan marketer (pemasar) menjadi marketing handal untuk mengekspose dan eksplore potensi yang dimiliki Desa.

Baca Juga:  Pilu! Bocah Usia 9 Tahun di Gresik Dibunuh Ayah Kandung, Tuliskan Pesan "Selamat Tinggal" Sebelum Meninggal

“Pelayanan cepat, mudah dan ramah menjadi prioritas kami dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Desa,” ungkapnya.

Acara yang dibuka resmi oleh Kadis DPMD Jawa Barat tersebut, juga dihadirkan narasumber muda inspiratif Ade Wahyu, sebagai CEO PT Pangga Surya Dipala, sekaligus inisiator kebun wisata Jatidipala Kabupaten Karawang.

Cek Juga

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

SiwinduMedia.com – Perhelatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan semakin mendekat. Banyak tokoh yang telah …