Ketua Asklin Kuningan, Dr. H. Agah Nugraha, M.K.M saat acara sosialisasi Penanggulangan Kebakaran/Foto: Iwan Setiawan/SiwinduMedia.com
Ketua Asklin Kuningan, Dr. H. Agah Nugraha, M.K.M saat acara sosialisasi Penanggulangan Kebakaran/Foto: Iwan Setiawan/SiwinduMedia.com

Asklin Kuningan gandeng UPT Damkar, Karyawan Klinik Diberi Sosialisasi soal Penanganan Kebakaran

SiwinduMedia.com – Dalam rangka kegiatan Akreditasi Klinik, Asosiasi Klinik Indonesia (Asklin) Kabupaten Kuningan menggandeng UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kuningan untuk ikut andil dalam kegiatan akredistasi. Kegiatan tersebut bertujuan guna mencegah terjadinya kebakaran dan simulasi penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Ketua Asklin Kuningan, Dr. H. Agah Nugraha, M.K.M menjelaskan, kegiatan ini sebagai rangkaian akreditasi yang dimana bertujuan untuk standarisasi pada klinik yang nanti akan diperiksa dalam kegiatan akreditasi.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kedepan semua klinik bisa meningkatkan mutu pelayanan, keselamatan, keamanan bagi pasien dan karyawan klinik. Karena kita tidak tahu yang nama musibah bisa terjadi kapan saja, dan dimana saja, “ Ujar Dr H Agah Nugraha saat diwawancarai di Klinik Orinda Kadugede, Kamis (24/8/2023).

Kemudian, ia menjelaskan dalam hal pelayanan standarisasi akreditasi klinik tertuang dalam standar 1.3 elemen 7 tentang simulasi penangan kebakaran.

“Maka, Kami bekerjasama dengan Damkar untuk melakukan kegiatan pelatihan sealigus simulasi penanganan dan alhamdulillahnya kegiatan ini di respont positif dan Damkar sendiri meberikan apresiasi kepada Asklin Kuningan dapat menghadirkan Klinik-klinik untuk ikut serta dalam kegiatan pelatihan ini,” Jelasnya.

Baca Juga:  Bikin Kaget Karyawan, Seekor Monyet Ekor Panjang Masuk RM Cibiuk

Lanjutnya, Dari 33 Klinik yang ada di Kuningan semua wajib memliki APAR dan semua pun memilikinya. Akan tetapi dalam hal kegiatan simulasi kebakaran tidak semua klinik dapat melakukan.

Ditempat yang sama Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan Kuningan, M. Khadafi menyampaikan kegiatan ini sesuai dengan Permenkes 34 tahun 2022 tentang standarisasi akreditasi puskesmas atau klinik.

“Kegiatan ini juga sekaligus pembentukan tim K3, supaya semua personal yang ada diklinik sudah mendapatkan P3K. Alhamdulillah kegiatan ini tidak hanya pemateri saja yang kita sampaikan begitu pun dengan simulasi penanganan kebakaran terlihat antusias mereka sangat luar biasa,” ungkapnya.

Dengan terbentuknya P3K diharapakan nantinya ada Divisi Kebakaran, Divisi penyelamatan aset, Pasien, dan dokumen penting lainnya. Dan pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada Asklin Kuningan, semoga kegiatan ini bisa dicontoh oleh organisasi yang lain baik komunitas dan pengusaha.

Cek Juga

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

SiwinduMedia.com – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran, Penjabat …