Gandeng Eyecenter Kuningan, Kelompok KKN-T UPI Gelar Pemeriksaan Mata Gratis di Desa Babakanjati
Perwakilan Tim KKN-T UPI foto bersama Tim Kuningan Eyescenter, usai kegiatan pemeriksaan mata katarak di Desa Babakanjati Kecamatan Cigandamekar, Kuningan, Kamis (24/8/2023). Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com

Gandeng Eyecenter Kuningan, Kelompok KKN-T UPI Gelar Pemeriksaan Mata Gratis di Desa Babakanjati

SiwinduMedia.com – Dengan menggandeng Eyecenter Kabupaten Kuningan, Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Desa Babakanjati Kecamatan Cigandamekar Kuningan, sukses menggelar program pemeriksaan mata gratis. Kegiatan ini dipusatkan di Aula Balai Desa setempat, Kamis (24/8/2023).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya bersama untuk pemberantasan katarak dan mencegah kebutaan, yang terus mengancam masyarakat Kabupaten Kuningan. Kegiatan berlangsung lancar dan mendapat apresiasi luar biasa dari pemdes daan warga setempat.

Tim Eyecenter Kabupaten Kuningan yang dipimpin oleh Dian Elga SKep Ners, Harry Febriyana SDk, dan Yuni SE, mengunjungi Desa Babakanjati untuk memberikan pemeriksaan dan konsultasi mata gratis kepada warga setempat.

Menurut Dian Elga, program ini telah sukses dilaksanakan sebanyak dua kali di Desa Babakanjati, seringkali diselaraskan dengan berbagai program kesehatan lain. Seperti Penyuluhan Masyarakat Terpadu (PMT), Program Lanjut Usia (Prolanis), dan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).

Hasil dari pemeriksaan mata itu, menunjukkan bahwa 4 orang warga Babakanjati terindikasi menderita katarak. Untuk mengatasi kondisi ini, pihak Eyecenter akan berkoordinasi dengan pemerintah Desa Babakanjati, untuk menyediakan perawatan lebih lanjut di klinik Eye Center.

“Selanjutnya, setelah periode 6 bulan sejak pemeriksaan awal, warga yang terindikasi akan mendapatkan kunjungan lanjutan untuk memantau perkembangan kondisi mereka,” kata Dian kepada SiwinduMedia.com.

Disebutkan Dian, faktor penyebab katarak dapat bervariasi. Antara lain tentang usia, Katarak lebih sering terjadi pada orang tua.
Lalu paparan cahaya Matahari, terutama pada pekerjaan luar ruangan seperti petani dan nelayan, paparan sinar matahari berlebihan dapat meningkatkan risiko katarak.

Selain itu, faktor Katarak adalah adanya trauma mata. Seperti akibat kecelakaan atau benturan pada mata dapat menjadi penyebab katarak. Serta juga faktor komplikasi dengan penyakit lain, beberapa penyakit lain dalam tubuh dapat memicu atau memperburuk katarak (komplikata).

“Program pemeriksaan mata gratis ini tidak hanya berpotensi menyelamatkan penglihatan warga Babakanjati, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya perawatan mata,” terang Dian.

Eyecenter Kabupaten Kuningan dan Kelompok KKN-T UPI Babakanjati berharap bahwa upaya ini dapat menjadi contoh yang menginspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Kuningan, untuk menjaga kesehatan mata warganya.

Cek Juga

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

SiwinduMedia.com – Perhelatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan semakin mendekat. Banyak tokoh yang telah …