Perkuat Pertahanan Udara, Kemenhan RI Borong Pesawat Tempur F-15EX dari AS
Pesawat Tempur F-15EX Foto: Boeing

Perkuat Pertahanan Udara, Kemenhan RI Borong Pesawat Tempur F-15EX dari AS

SiwinduMedia.com – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, memborong 24 pesawat tempur F-15EX dari Amerika Serikat (AS). Keputusan ini menjadi pusat pembicaraan dunia, karena pembelian pesawat tempur tangguh tersebut.

Dikutip autoevolution, bukan Jepang atau Arab Saudi yang menjadi negara kedua di luar AS dan Israel yang mendapatkan platform F-15 terbanyak.

Indonesia menjadi negara kedua, yang akan mendapatkan dan merasakan pesawat tempur F-15EX Eagle.

Boeing mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, dan tinggal menunggu persetujuan federal Amerika Serikat, untuk menjadikan Indonesia sebagai negara kedua mendapatkan Eagle II.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandom of Understanding/MoU),
pembelian dilakukan antara Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemenhan Marsekal Muda Yusuf Jauhari dan Wakil Presiden dan Manajer Program Boeing Fighters Mark Sears, di St. Louis, Senin (21/8/2023).

“Kami dengan senang hati mengumumkan komitmen kami, untuk mendapatkan kapabilitas pesawat tempur F-15EX yang sangat penting bagi Indonesia,” kata Prabowo, yang menyaksikan penekanan MoU itu.

Dijuluki F-15ID, Eagle II Indonesia ini akan memiliki kapasitas persenjataan yang menakjubkan. Sistem persenjataan ultra-modern, sistem hypersonic air dan rudal terbaik.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tunjuk Mahfud MD Sebagai Plt Menkominfo Gantikan Johnny G Plate

Soal performa pesawat tempur ini, Boeing ini menggunakan mesin General Electric F110 baru yang masing-masing menghasilkan daya dorong 29.000 lb (129 kN).

F-15EX adalah versi tercanggih dari F-15 yang pernah dibuat, dengan kontrol penerbangan digital fly-by-wire, sistem peperangan elektronik baru, kokpit digital serba kaca, dan sistem misi serta kemampuan perangkat lunak terbaru.

Jet tempur ini dapat membawa muatan hingga 13.380 kilogram, sehingga F-15EX bisa memboyong lebih banyak cadangan senjata dibandingkan generasi sebelumnya.

Bodi pesawat didesain dengan struktur yang terbilang kuat dan memiliki masa pakai hingga 20 ribu jam terbang.

F-15EX juga dibekali dengan sistem radar canggih AN/APG-82 Raytheon Technologies yang memungkinkan pesawat mendeteksi dan melacak target akurasi tinggi dengan kontrol penerbangan kokpit digital.

Sementara, situs resmi Boeing, mengungkap F-15EX juga bisa dilengkapi dengan berbagai jenis senjata, mulai dari rudal udara-ke-udara, bom dan senjata pelengkap lainnya.

Jet tempur ini dapat dioperasikan dalam berbagai misi, mulai dari udara, serangan darat, hingga operasi laut.

Baca Juga:  Diduga Rem Blong, Minibus ASN Kuningan Seruduk Saung Tani HKTI

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …