214 Santri Penghafal Al-Qur’an Jenjang SMP dan SMA/SMK IT Binaul Ummah Diwisuda
Perwakilan santri jenjang SMP dan SMA/SMK IT Ponpes Binaul Ummah Kuningan, saat diwisuda di Al-Kenzie Convention Hall, Jalan RE Martadinata, Kelurahan Ciporang, Sabtu (6/5/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

214 Santri Penghafal Al-Qur’an Jenjang SMP dan SMA/SMK IT Binaul Ummah Diwisuda

SiwinduMedia.com – Sebanyak 214 santri Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan pada jenjang SMP dan SMA/SMK IT, resmi diwisuda sebagai tanda kelulusan menimba ilmu. Acara pelepasan santri atau Haflatul Ikhtitam tersebut digelar di Al-Kenzie Convention Hall, Jalan RE Martadinata, Kelurahan Ciporang, Sabtu (6/5/2023).

Acara wisuda ratusan santri Binaul Ummah Kuningan tahun 2023 tersebut dihadiri Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Tampak pula hadir menyaksikan prosesi pelepasan, para orang tua santri yang datang tidak hanya dari wilayah Kuningan, tapi juga dari sejumlah daerah.

Hadir pula Camat Cigugur Yono Rahmansah SSTP, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan Abidin SPd MSi, Muspika Kecamatan Cigugur serta seluruh Pengurus Yayasan Ponpes Binaul Ummah.

Dalam laporannya, Mudir Ma’had Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan, KH Ahmad Taofik Lc Al-Hafidz, mengatakan, kegiatan Haflatul Ikhtitam tahun ini mengangkat tema “Semaikan Kebaikan, Menjadi Generasi Unggul, Berprestasi dan Qur’ani”. Itu dalam rangka melepas santri kelas IX SMP dan XII SMA/SMK IT Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan, yang sudah dinyatakan lulus ujian baik pendidikan formal maupun non formal.

Baca Juga:  Berkah Ramadhan! 4 Pegawai Al-Multazam Kuningan Mendapat Reward Umroh Gratis

“Haflatul Ikhtitam ini sekaligus juga sebagai momentum untuk mempererat silaturahmi antara wali santri dan orang tua santri. Ada 214 santri dari jenjang SMP dan SMA/SMK IT yang dilepas pada kegiatan hari ini,” kata Taofik.

Sementara itu, Bupati Acep mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Ponpes Binaul Ummah Kuningan, yang dengan sabar telah mendidik dan membimbing santri, sehingga menjadi anak yang pandai dan berakhlak mulia, disamping juga berharap menjadi pribadi yang luar biasa, serta menjadikan generasi yang berakhlakul karimah.

“Tentu saya juga merasa bangga kepada anak-anakku wisudawan-wisudawati Ponpes Binaul Ummah, atas keberhasilan yang telah mampu menyelesaikan sekolahnya. Untuk itu, saya berharap ke depan kalian akan menjadi Hafidz dan Hafidzah yang handal, profesional, berprestasi dan mengamalkan setiap ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an, sehingga dapat menjadi keberkahan dan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” terang Bupati penuh harap.

Dalam kesempatan itu pula, Acep juga berpesan kepada santri didik yang telah lulus untuk terus mengembangkan dan mengamalkan apa yang telah dipelajari selama di sekolah, sehingga ke depan akan lahir generasi-generasi penerus bangsa yang Qur’ani yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dunia maupun akhirat.

Baca Juga:  Keterangan Pengacara, 6 Tersangka Pelaku Penganiayaan Santri Telah Diamankan Polres Kuningan

“Saya juga mengharapkan dari menghafal Al-Qur’an, akan membentuk generasi yang berkarakter dan berakhlakul karimah, menjadikan penghafal Al-Qur’an sebagai benteng kita dalam menghadapi pesatnya perkembangan di era globalisasi dan digitalisasi saat ini,” pesannya lagi.

Cek Juga

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

SiwinduMedia.com – Perhelatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan semakin mendekat. Banyak tokoh yang telah …