Drama VAR dan Kartu Merah Laga Indonesia vs Uzbekistan, Garuda Menanti Perebutan Peringkat Ketiga
Momen Rizky Ridho diganjar kartu merah, setelah melanggar pemain Uzbekistan Jasurbek Jaloliddinov. (Foto: Ist)

Drama VAR dan Kartu Merah Laga Indonesia vs Uzbekistan, Garuda Menanti Perebutan Peringkat Ketiga

SiwinduMedia.com – Timnas U23 Indonesia belum berhasil mencapai partai final seusai kalah dari Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U23 2024.

Uzbekistan berhasil menang 2-0 atas Indonesia. Dwigol Serigala Putih, julukan Uzbekistan U23, tercipta melalui aksi Khusain Norchaev (68′) dan gol bunuh diri Pratama Arhan (86′).

Peluang Indonesia untuk menembus Olimpiade Paris 2024 masih bisa didapatkan melalui perebutan tempat ketiga. Garuda Muda menunggu tim yang kalah dari pertandingan Jepang melawan Irak.

Laga Indonesia vs Uzbekistan ini diwarnai kartu merah kapten Indonesia Rizky Ridho dan drama VAR.

Indonesia harus bermain dengan 10 pemain, setelah Rizky Ridho (84′) diganjar kartu merah. Pemain Persija ini dipastikan tidak bisa bermain di perebutan tempat ketiga.

Laga Indonesia dengan Uzbekistan bergulir di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4/2024). Indonesia berhasil tahan dominasi Uzbekistan di paruh pertama dengan skor kacamata.

Garuda Muda menjadi tim pertama yang berhasil menahan Uzbekistan untuk mencetak gol di paruh pertama pada ajang Piala Asia U23 2024.

Baca Juga:  Gaspool! Hanyen Tenggono Ajak Anak Muda Diskusi Politik Masa Depan

Zafarmurod Abdirakhmatov membuka ancaman bagi gawang Indonesia pada menit ke-49. Tembakannya dari sisi kanan, masih berhasil ditangkap oleh Ernando Ari (kiper Indonesia).

Sepuluh menit di babak kedua, Uzbekistan banyak menyerang melalui sisi kanan pertahanan Indonesia. Transisi pemain Garuda Muda masih lambat dibanding serdadu Serigala Putih.

Tendangan Alisher Odilov (55′) yang dilesatkan dari sisi kiri pertahanan Indonesia, masih melebar dari gawang yang dijaga Ernando Ari. Tiga menit berselang Jasurbek Jaloliddinov kembali mengancam gawang Indonesia.

Dia begitu leluasa untuk melesatkan tembakan dari luar kotak penalti. Beruntung, tendangannya masih menyamping. Muhammad Ferarri gagal membuka keunggulan bagi Indonesia pada menit ke-61.

Wasit meninjau tayangan VAR, menilai dalam proses gol tersebut, Ramadhan Sananta berada dalam posisi offside.

Indonesia kebobolan pada menit ke-68 melalui akasi Khusain Norchaev. Umpan yang diberikan Muhammadkodir Hamraliev dari sisi kanan serangan Uzbekistan, berhasil dituntaskan dengan baik oleh Norchaev.

Dua menit berselang, Uzbekistan hampir menggandakan kedudukan, sepakan Abbosbek Fayzullaev membentur tiang gawang.

Baca Juga:  Bersih-bersih Kali Bareng Kodim 0615/Kuningan, Iip: Mudah-mudahan Jadi Budaya

Norchaev kembali mengancam gawang Indonesia melalui tandukannya pada menit ke-76. Menerima umpan dari Fayzullaev, memanfaatkan ruang yang ada dari pemain Indonesia, Norchaev melesatkan tandukan dan masih membentur mistar.

Indonesia harus bermain dengan 10 pemain setelah Rizky Ridho (84′) melanggar Jasurbek Jaloliddinov. Uzbekistan kembali menggandakan kedudukan 2-0 atas Indonesia pada menit ke-86 melalui gol bunuh diri Pratama Arhan.

Ernando berhasil menepis tendangan Jasurbek, bola muntah yang ditepis mengarah ke Khusanov, tetapi bola mengenai Arhan karena tertekan pemain Uzbekistan dan masuk ke dalam gawang. Hingga laga berakhir, tidak ada gol tambahan tercipta. Uzbekistan menang 2-0 atas Indonesia.

Susunan Pemain Indonesia vs Uzbekistan

Indonesia: 21-Ernando Ari, 3-Muhammad Ferarri, 5-Rizky Ridho, 6-Ivar Jenner (Ikhsan Zikrak 90+6′), 7-Marselino Ferdinan, 8-Witan Sulaeman, 9-Ramadhan Sananta (Kelly Sroyer 75′), 10-Justin Hubner, 12-Pratama Arhan (Dony Tri 90+6′), 14-Fajar Fathur (Rio Fahmi 90+6′), 23-Nathan Tjoe-A-On

 

Uzbekistan: 1-Abduvakhid Nematov, 3-Zafarmurod Abdirakhmatov, 4-Abdukodir Khusanov, 7-Hojimat Erkinov (Husain Norchaev 45′), 9-Ulugbek Khoshimov (Jasurbek Jaloliddinov 45′), 14-Abbosbek Fayzullaev (Ibrokhimkhalil Yuldoshev 90+1′), 15-Umarali Rakhmonaliev, 16-Rakhimjonov Asadbek (Muhammadqodir Hamraliev 65′), 18-Alibek Davronov, 22-Alisher Odilov (Ruslanbek Jiyanov 71′), 23-Abdurauf Buriev.

Baca Juga:  Perdana! Koramil 1506/Cibingbin, Menjadi Agenda Kunjungan Kerja Dandim Baru

Cek Juga

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengeluarkan surat tugas …