Rampak Genjring si Windu Jadi Penampil Kabupaten Kuningan, di Gelaran MTQ ke-38 Provinsi Jawa Barat
Penampilan kesenian Rampak Genjring si Windu yang berasal dari Kelurahan Winduhaji, Kecamatan Kuningan pada saat pawai taaruf di gelaran MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat di Bekasi, Minggu (28/4/2024). (Foto: Ist)

Rampak Genjring si Windu Jadi Penampil Kabupaten Kuningan, di Gelaran MTQ ke-38 Provinsi Jawa Barat

SiwinduMedia.com – Perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat resmi dibuka. Kegiatan yang berlangsung di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi ini, dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin.

Peresmian ditandai dengan pemukulan bedug bersama Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, Ketua LPTQ Jawa Barat Dodo Suhendar, serta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajang Mustajam pada Minggu malam (28/4/2024).

32 Kafilah terbaik mewakili Kontingen Kabupaten Kuningan pada penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat tersebut.

32 orang qori dan qoriah tersebut merupakan para jawara hasil ajang MTQ tingkat Kabupaten Kuningan ke-49 yang diselenggarakan di Kecamatan Darma beberapa waktu lalu.

Pelepasan kontingen MTQ Kabupaten Kuningan sendiri dilaksanakan pada hari Sabtu (27/4/2024). Pj Bupati Iip Hidajat optimis kontingen Kuningan akan berbicara banyak pada gelaran MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat ini.

Untuk itu Iip minta kepada seluruh kafilah, Pembina dan Official untuk selalu menjaga stamina dan kesehatan, menjaga asupan makan sehingga prima pada saat pertandingan.

Baca Juga:  Perdana Agenda Disporapar, Festival Durian di Desa Wisata Cibuntu

Ada sekitar 5.000 para kafilah dan official dari 27 Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Barat, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 Provinsi Jawa Barat 2024 memeriahkan pawai perkenalan (taaruf).

Pawai taaruf menampilkan berbagai keunikan seni budaya daerahnya masing-masing. Para peserta mengelilingi danau sepanjang 2,2 Kilometer yang disambut meriah oleh para pendukung dari masing-masing kafilah.

Kabupaten Kuningan di bawah komando Ketua LPTQ Kuningan, yang juga Sekda Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar, Msi, menampilkan kesenian Rampak Genjring si Windu yang berasal dari Kelurahan Winduhaji, Kecamatan Kuningan.

 

Ketua LPTQ Kuningan, yang juga Sekda Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar, Msi, (tengah memakai kaca mata hitam) memimpin pawai taaruf dari kontingen Kabupaten Kuningan pada gelaran MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat.
(Foto: Ist)

Makna filosofinya adalah si Windu merupakan nama seekor kuda yang menjadi tunggangan Raden Arya Kamuning, yang mendapat mandat dari Sunan Gunung Djati untuk menyebarkan agama Islam di tataran Kabupaten Kuningan. Si Windu inilah yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Kuningan hingga saat ini.

Para kafilah Kuningan akan mengikuti 8 dari 9 kecabangan yang dipertandingkan, berlangsung di Bekasi dari tanggal 29 April hingga 04 Mei 2024.

Tema gelaran MTQ ke-38 tahun ini adalah “Agungkan Al-Quran di Kota Industri untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin”.

Baca Juga:  Fraksi PDIP Minta Rekomendasi Pansus LKPj Bupati TA 2022 Tak Dibacakan, Fraksi PKS Meradang

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …