Diskatan Kuningan Gelar Sembako Murah di CFD, Laris Manis Diserbu Warga
Tampak antrian warga untuk mendapatkan beras dan sembako murah, yang diadakan oleh Diskatan Kabupaten Kuningan saat acara Car Free Day (CFD), Minggu (18/2/2024). (Foto: Ist)

Diskatan Kuningan Gelar Sembako Murah di CFD, Laris Manis Diserbu Warga

SiwinduMedia.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, kembali melaksanakan program rutin Gelar Pangan Murah (GPM) dan Pasar Tani Petani Milenial, Minggu (18/2/2024).

Program yang dilakukan setiap hari minggu, disaat Car Free Day (CFD) ini, bertujuan untuk memperluas akses masyarakat terhadap pangan berkualitas dengan harga terjangkau.

Dr Wahyu Hidayah, MSi selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan kepada SiwinduMedia.com menjelaskan disela kegiatan.

“Setelah kegiatan pertama diadakan di Jalan Siliwangi depan Sanggariang. Kegiatan kali ini dilakukan di depan pintu utara Pendopo Kabupaten Kuningan,” terang Wahyu.

Terlihat antusiasme warga dalam setiap Gelar Pangan Murah (GPM) dan Pasar Tani Petani Milenial Kuningan, selalu penuh memadati stand yang telah disediakan.

Antrian warga sudah berjajar rapi, walaupun acara baru dimulai pukul 06.00 WIB.

“Masyarakat Kabupaten Kuningan menyambut baik program GPM dan Pasar Tani Petani Milenial, terbukti setiap Minggu stand kami selalu ramai dikunjungi. Bahkan warga rela mengantri dari pagi, untuk membeli beras dan pangan lain yang di gelar di GPM dan Pasar Tani,” ujarnya.

Baca Juga:  Mobil Travel Rombongan Pengantin dari Tangerang Terperosok di Jalan Desa Legokherang Kuningan

Menurut Wahyu, masyarakat sangat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan bahan pangan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, untuk hari ini Diskatan Kabupaten Kuningan menyediakan beras SPHP sebanyak 15 ton, minyak 200 kg, terigu 150 kg, dan gula 260 kg.

“Alhamdulillah, hanya dalam waktu dua jam habis terjual, untuk beras SPHP ternyata 15 ton pun masih kurang. Karena masih banyak warga yang belum mendapatkan tapi beras sudah habis,” ungkap Wahyu.

Berbagai jenis pangan segar dan olahan tersedia masih kata wahyu, termasuk sayuran, buah-buahan, serta produk olahan lainnya. Produk-produk Pasar Tani tersebut berasal dari para petani dan produsen lokal yang telah bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan.

Ia mengucapkan terima kasih, kepada pihak yang telah terlibat dalam kesuksesan acara tersebut.

“Khusus kepada Pemkab Kuningan, Pa Pj. Bupati Kuningan dan pak Sekda yang sangat mendukung kegiatan GPM dan Pasar Tani Petani Milenial dan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dalam kegiatan ini. Kepada Pemerintah Pusat, Badan Pangan Nasional, DKPP Provinsi Jawa Barat, Perum Bulog Cirebon, Petani Milenial dan seluruh stakeholder lainnya yang telah bersama-sama menyukseskan kegiatan ini” tutur Wahyu.

Baca Juga:  Warga Nangerang Tercebur ke Sumur, Damkar Kuningan Turun Tangan
Pj Bupati Kuningan Dr Drs H Raden Iip Hidajat MPd (kanan), didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Dr Wahyu Hidayah, MSi (kiri), saat meninjau kegiatan Gelar Pangan Murah (GPM).
(Foto: Ist)

Dengan adanya program Gelar Pangan Murah dan Pasar Tani Petani Milenial rutin ini, Wahyu berharap masyarakat dapat lebih mudah mengakses pangan berkualitas tanpa perlu khawatir akan harga yang tinggi.

Selain itu, Diskatan juga berupaya untuk mendukung para petani dan produsen lokal agar memiliki pasar yang stabil untuk produk-produk mereka.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam rangka stabilisasi, pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi di Kabupaten Kuningan,” pungkasnya.

 

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …