Memperingati HUT RI ke-78 dan Hari Jadi Kuningan ke-525, LKKS Kabupaten Kuningan Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah
Sesi foto bersama dengan perwakilan peserta khitanan massal, dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 dan Hari Jadi Kuningan ke-525, Selasa (22/8/2023). Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Memperingati HUT RI ke-78 dan Hari Jadi Kuningan ke-525, LKKS Kabupaten Kuningan Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah

SiwinduMedia.com – Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kuningan melalui Panitia Hari Besar Nasional (PHBN), menyelenggarakan Bakti Sosial Khitanan Massal dan Donor Darah.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia, dan memeriahkan perayaan Hari Jadi Kuningan ke-525. Acara yang digelar di Lapangan Sekretariat Daerah ini secara simbolis dibuka oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama, SH MH, Selasa (22 Agustus 2023).

Turut hadir dalam acara ini adalah Wakil Bupati Kuningan, perwakilan dari Polres Kuningan, Kodim 0615 Kuningan, Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Sekretaris Daerah Kuningan, Ketua Pengadilan Agama, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan (sekaligus Ketua PMI dan Ketua LKKS Kuningan), Wakil Ketua TP PKK Kuningan, Ketua DWP Kuningan, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para Kepala SKPD, Ketua IDI Kuningan, Ketua PPNI Kuningan, dan Ketua IAI Kuningan.

Ketua LKKS Kabupaten Kuningan, Hj Ika Acep Purnama, SE, mengatakan, acara sunatan massal ini merupakan bagian dari agenda tahunan LKKS.

Baca Juga:  Menpora Dito Ariotedjo Buka Potradnas ke-9 2023 di Open Space Gallery Linggarjati, Ini 5 Olahraga Tradisional yang Dimainkan

“Setiap tahun, Alhamdulillah  jumlah pengantin sunat selalu mengalami peningkatan,” tuturnya.

Untuk tahun sekarang, jumlah peserta sunatan massal mencapai 221 anak yang mewakili 32 Kecamatan di Kabupaten Kuningan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan menciptakan lingkungan produktif melalui tradisi khitanan yang merupakan kewajiban dalam ajaran Islam bagi pria.

“Selain itu, program ini juga membantu meringankan beban orang tua dengan memberikan berbagai fasilitas seperti baju koko, sarung, dan lainnya,” kata Ika.

Ika juga menjelaskan peran LKKS Kabupaten Kuningan, dalam memfasilitasi, mediasi, dan memberikan advokasi di bidang kesejahteraan sosial. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009, tentang Kesejahteraan Sosial.

“Sebagai bentuk kepedulian, LKKS Kabupaten Kuningan memiliki komitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan kesejahteraan sosial di Kabupaten Kuningan melalui berbagai program, seperti Bakti Sosial Khitanan Massal dan kegiatan sosial lainnya,” jelas ika.

Sementara Bupati Acep, dalam sambutannya mengatakan bahwa, sunatan massal dan donor darah merupakan kegiatan rutin yang tak pernah terputus. Melalui kegiatan ini, pemerintah hadir secara nyata dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga:  Sah! Mumuh Gantikan Elon Jadi Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan 2023-2028

“Untuk anak-anak yang mengikuti khitanan massal, mudah-mudahan bisa tumbuh menjadi individu yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa,” harap Acep.

Ada pemberian sembako dan uang kadeudeuh (santunan, red) kepada peserta khitanan massal yang diserahkan oleh Bupati Kuningan, didampingi oleh Wakil Bupati dan Ketua LKKS.

Tampak wajah bahagia, terlihat dari anak-anak yang menerima hadiah tersebut.

Suasana saat kegiatan khitanan massal, yang diselenggarakan oleh LKKS Kabupaten Kuningan.
Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Yusuf (37), salah satu orangtua peserta khitanan, mengungkapkan kebahagiaannya atas terselenggaranya khitan massal ini.

Ia berterima kasih atas penyelenggaraan khitanan massal gratis dan tanpa biaya, yang telah membantu meringankan beban orang tua.

Ungkapan yang sama disampaikan oleh Ida Widayanti (38), asal Desa Babatan, Kecamatan Kadugede.

“Kegiatan ini membantu meringankan biaya khitanan anak. Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa dan Kecamatan, atas fasilitas yang diberikan, sehingga anak saya bisa mengikuti khitanan melalui program LKKS ini,” tutur Ida.

Disaat yang bersamaan, ada juga kegiatan Donor Darah yang diadakan di area Pendopo. Dari pantauan SiwinduMedia.com, berbagai kalangan tampak berpartisipasi dalam donor darah tersebut.

Baca Juga:  Waduh! Tak Kunjung Diperbaiki Pemda, Jalan Penghubung Desa Tundagan Diratakan Gunakan Tanah

Dari warga masyarakat, ASN dilingkungan pemerintah daerah, TNI – Polri, dan berbagai unsur yang hadir. Kegiatan ini semakin memperkuat semangat gotong royong dan kepedulian sosial dalam masyarakat.

Cek Juga

Dituding Laporkan Sekda Dian ke KASN, Nuzul: Itu Konsultasi

Dituding Laporkan Sekda Dian ke KASN, Nuzul: Itu Konsultasi

SiwinduMedia.com – Ketua DPRD Nuzul Rachdy SE merasa geram dengan adanya tudingan dirinya telah melaporkan …