Ajak PPS dan KPPS, PPK Jalaksana Simulasikan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024
PPK Jalaksana melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara 10 hari jelang hari H, Minggu (4/2/2024). Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com

Ajak PPS dan KPPS, PPK Jalaksana Simulasikan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

SiwinduMedia.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jalaksana Kabupaten Kuningan, menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, di halaman Sekretariat PPK setempat, kompleks Kopi Lendot Desa Sadamantra, Minggu pagi (4/2/2024).

Dalam kegiatan ini, PPK Jalaksana mengajak seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Jalaksana untuk kelancaran jalannya Pemilu nanti. Tak lupa juga diundang jajaran Panwascam Jalaksana beserta sejumlah pihak lainnya.

Ketua PPK Jalaksana, Asep Saepudin Purnama Alam atau biasa disapa Aspa, menyampaikan bahwa simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 yang meliputi Pilpres dan Pileg, sangatlah penting dilakukan.

Mengingat saat ini, kata Aspa, masih ada saja masyarakat yang sudah terdaftar di DPT belum memahami betul tata cara pencoblosan di bilik suara, terlebih surat suara ada 5 lembar. Teridiri dari surat suara untuk pemilihan Capres-Cawapres, Calon Anggota DPD RI, Calon Anggota DPR RI, Calon Anggota DPRD Provinsi, dan Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

“PPK Kecamatan Jalaksana dengan mengajak PPS dan juga KPPS se-Kecamatan Jalaksana, hati melakukan simulasi atau praktek langsung pemungutan dan penghitungan suara. Dilaksanakan di Sekretaris PPK Jalaksana,” kata Aspa kepada SiwinduMedia.com.

Baca Juga:  Pengawasan Logistik, Bawaslu Kuningan Temukan 7.148 Surat Suara Rusak

“Hadir lengkap jajaran PPK dan seluruh PPS dari 15 Desa dan total KPPS atau jumlah TPS sebanyak 155. Ada 1 TPS yang merupakan loksus atau lokasi khusus yang ada di Ponpes Al-Multazam,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, tujuan dilaksanakannya simulasi tersebut tak lain dalam rangka untuk menyamakan persepsi terkait pemungutan dan penghitungan suara yang efektif dan juga efisien, yang nanti akan dilaksanakan di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara).

“Tujuannya juga adalah untuk meminimalisir kesalahan ketika memungut, meminimalisir kesalahan ketika menghitung dan meminimalisir adanya sengketa setelah selesainya Pemilu,” jelas Aspa.

Pihaknya berharap dengan adanya simulasi atau pelatihan P2S (Pemungutan dan Penghitungan Suara) tersebut, dapat menyukseskan rangkaian Pemilu 2024 secara keseluruhan, khususnya di Kecamatan Jalaksana dengan lancar, efektif dan efisien.

“Mudah-mudahan jalannya Pemilu nanti lancar, efektif dan efisien, khususnya di wilayah Kecamatan Jalaksana. Simulasi ini sangat bermanfaat, dan menjadi gambaran bagi para penyelenggara ad-hoc di bawah, PPS dan KPPS,” pungkas Aspa didampingi Divisi Teknis PPK Jalaksana, Wahyu Sandana.

Baca Juga:  Sistem Pemilu Tetap Terbuka, Begini Respon KPU Kuningan

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …