Refleksi HBN ke-75, Emup: Kewajiban dan Kesadaran Untuk Menjaga Kedaulatan, Keutuhan, Keselamatan Bangsa dan Negara
Sekretaris Badan KESBANGPOL Kabupaten Kuningan, Emup Muplihudin SPd. (Foto: Ist)

Refleksi HBN ke-75, Emup: Kewajiban dan Kesadaran Untuk Menjaga Kedaulatan, Keutuhan, Keselamatan Bangsa dan Negara

SiwinduMedia.com – Bela negara bukanlah merupakan tanggung jawab salah satu segmen masyarakat, melainkan merupakan tanggung jawab dan bentuk kehormatan tertinggi bagi seluruh warga negara di semua lapisan.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Badan KESBANGPOL Kabupaten Kuningan Emup Muplihudin SPd, kepada SiwinduMedia.com Selasa (19/12/2023). Bahwa kehormatan tertinggi ini harus menjadi spirit dan kesadaran bagi seluruh warga bangsa, yang sejatinya mewujud dalam bentuk sikap rela berkorban dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

“19 Desember 2023 adalah peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke-75. Peringatan Hari Bela Negara bukan sekadar peringatan, tetapi merupakan bentuk refleksi untuk meningkatkan dan menguatkan kembali kesadaran atas kewajiban seluruh warga negara dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara,” ucapnya.

Tema Peringatan HBN ke-75 adalah “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku” mengandung makna bahwa kejayaan Indonesia tidak terlepas dari kebangkitan atas kesadaran dan spirit dalam membela negara dan kehormatan bangsanya.

Untuk mewujudkannya masih kata Emup, dalam rangkaian upacara Peringatan Hari Bela Negara, selalu dibacakan Ikrar Bela Negara yang merupakan janji untuk selalu bersikap dan berperilaku:

Baca Juga:  Dua Putra Ahmad Dhani, Al dan El Resmi Gabung Partai Gerindra

1. Mencintai tanah air

2. Memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara

3. Setia pada Pancasila sebagai ideologi negara

4. Rela berkorban bagi bangsa dan negara

5. Memiliki kemampuan awal bela negara

“Kalau saja (dan mudah-mudahan), butir-butir ikrar tersebut dapat dimaknai, disadari, dan kemudian diimplementasikan dalam tata kehidupan masyarakat. Niscaya marwah dan kewibawaan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang berdaulat akan semakin meningkat,” harap Emup.

Meskipun belum cukup, menurut Emup kebanggaan hari ini adalah bahwa di setiap lembaga, badan, dinas di lingkup pemerintahan Kabupaten Kuningan melaksanakan Upacara peringatan Hari Bela Negara.

Paling tidak, pemandangan tersebut merupakan wujud dari kesadaran aparatur negara atas kewajibannya membela negara. Syukur-syukur dapat memberikan dampak positif dalam bentuk perilaku berbangsa dan bernegara secara implementatif.

Karena kewajiban bela negara merupakan tanggung jawab bersama, sejatinya seluruh komponen masyarakat turut serta pula melaksanakan upacara.

“Ke depan, KESBANGPOL Kabupaten Kuningan akan mencoba menstimulasi agar tercipta partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan peringatan Hari Bela Negara, dengan bentuk yang beragam dan dipandang dapat meningkatkan kesadaran akan kewajiban dalam upaya pembelaan negara,” pungkasnya.

Baca Juga:  Rembuk Pemuda Gempita Kuningan Menuju Indonesia Swasembada Pangan

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …