Yayasan Baraya 85 Siap Gelar Baksos V Sunatan Massal 2023
Pengurus Yayasan Baraya Dalapan Lima bersama Kepala Desa Kaliaren. (Foto: Yayasan Baraya 85)

Yayasan Baraya 85 Siap Gelar Baksos V Sunatan Massal 2023

Siwindumedia.com – Kegiatan Baksos V Sunatan Massal 2023 yang digagas oleh Yayasan Baraya Dalapan Lima, tinggal menyisakan hari. Tanggal 28 Oktober 2023 hari Sabtu kembali akan dilaksanakan Baksos yang merupakan penyelenggaraan yang ke lima kalinya di tahun 2023 ini.

Event yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini tetap mendapat animo besar dari masyarakat sekitar. Terbukti dapat dilihat dari kuota peserta sunat yang langsung terpenuhi dalam waktu kurang dari satu minggu.

Tahun ini, kuota yang disediakan adalah 50 anak peserta sunat, walaupun kenyataannya telah mencapai 55 peserta. Tingginya animo masyarakat yang ikut berpartisipasi pada Baksos yang diselenggarakan oleh Yayasan Baraya Dalapan Lima ini tidak lepas dari pengalaman penyelenggaraan yang telah ke lima kalinya. Disamping itu, selalu ada peningkatan kualitas dari setiap pelaksanaan dari awal hingga terakhir tahu 2021 lalu.

Kemudian, ditambah dengan adanya fasilitas bantuan transportasi dari tempat asal yang dikordinasikan dengan aparat dari desa masing masing. Adanya hiburan sisingaan juga dapat sejenak melepas ketegangan dari para peserta sunat dan setidaknya memiliki dokumentasi untuk kenang-kenangan saat diarak.

Lalu, ada juga kenangan berupa alat tulis sekolah dan pakaian sunat yang dapat dipakai kelak sebagai baju untuk keperluan sekolah madrasah, dan sekedar panyecep yang dari setiap kali penyelenggaraan memang berbeda bergantung pada kemampuan panitia saat pelaksanaan.

Baca Juga:  Dikomandoi Sekda Dian, Ribuan ASN di Kuningan Dimotivasi Sekda Jabar

Penyelenggaran yang bersifat swadaya dan dibantu oleh partisipan donatur ini berasal dari berbagai kalangan, utamanya berdasar atas silaturahim kekeluargaan.

Baksos V Sunatan Massal 2023 kali ini akan dilaksanakan di Desa Kaliaren yang bertempat di balai desa. Semua sudah dikordinasikan dengan aparat desa Kaliaren, hal tersebut telah mendapat sambutan hangat dari aparat desa, dan bapak Kepala Desa Kaliaren yang telah menyampaikan kesiapan dan dukungannya untuk pelaksanaan di Desa Kaliaren.

“Ini kesempatan berharga bagi kami warga desa Kaliaren, dan kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Yayasan Baraya Dalapan Lima kepada kami warga desa Kaliaren,” ungkap Kepala Desa Kaliaren, Kuswadi saat Pengurus Yayasan Baraya Dalapan Lima melakukan silaturahim untuk ijin dan restu tempat kegiatan di Desa Kaliaren.

Lebih jauh, Kuswadi menyampaikan pada kegiatan tersebut akan memberdayakan kegiatan UMKM yang memang sudah berjalan melalui Bumdes tentang adanya semacam kegiatan pasar kaget.

Ketua Yayasan Baraya Yayan Henri Danisukmara, menyampaikan bahwa penyelenggaran Baksos Sunatan Massal ini dari sejak awal telah dirancang untuk dilakukan saba desa. Yang artinya bergilir pelaksaannya dari desa satu ke desa lainnya, tentu saja disesuaikan dengan keadaan dan keterjangkauan tapi mudah mudahan itu tetap bisa terlaksana.

Baca Juga:  Tok! KPU Tetapkan 895.041 Warga Kuningan Sebagai Pemilih Pada Pemilu 2024

“Sekarang di Kaliaren, mungkin pelaksanaan yang akan datang di desa Jambu Geulis misalnya, mohon dukungan dan doa nya dari segenap masyarakat mudah-mudahan penyelenggaraan nanti berjalan lancar aman dan selamat, ini bagian dari kami belajar bermasyarakat,” kata Yayan saat bersama pengurus melakukan survey lokasi di desa Kaliaren.

Awal pelaksanaan untuk tiga kali dilaksanakan di Auditorium Gedung naskah Linggajati, kemudian kali ke empat dilaksanakan di desa Randobawa Kecamatan Mandirancan.

Adapun pelaksana Medis untuk event kali ini adalah dari Klinik Sunat Juara Sunat yang dipimpin oleh dokter Rio Adhi Wicaksono MPH, CPMM AIFO-K.

“Yang pasti secara medis kita tetap menjaga kualitas, dan jaminan pasca pelaksanaan berupa kontrol dan konsultasi,” demikian jaminan yang disampaikan oleh dr Hj Susi Lusiyanti, MM merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dan bertindak sebagai Tim Medis serta sebagai Pengurus Yayasan Baraya Dalapan Lima.

Adapun yang menjadi kendala umum dalam penyelenggaraan kali ini adalah dana, memperhatikan kondisi yang umumnya memang sedang lesu maka demikian pula panitia sempat ketar-ketir karena perolehan dana yang masih jauh dari target. Oleh karena itu, Panitia pun berupaya melakukan beberapa penyesuaian untuk mensiasati hal tersebut.

Baca Juga:  800 Miliar Total Utang Uang Minyak Goreng Yang Harus Dibayarkan Pemerintah Kepada Pengusaha

“Alhamdulillah kemudian berkat kerja sama dan kerja maksimal dari panitia membuahkan hasil hingga menjelang penyelenggaraan target dana sudah mencapai 80%,” ungkap Suardi selaku wakil dari Panitia pelaksana.

Lebih jauh Suardi menyampaikan bahwa panitia masih menerima partisipasi dari masyarakat luas, hal tersebut untuk semakin meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan Baksos.

Untuk Donasi dapat disampaikan melalui Nomor rekening atas nama Yayasan Baraya Dalapan Lima Bank Mandiri no 1340085856085. Atau melalui Link aplikasi Kita Bisa https://kitabisa.com

“Tidak lupa atas nama panitia, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya atas segala partisipasi baik dalam bentuk Pikiran, Tenaga dan materil dari semuanya, semoga amal baiknya menjadi pahala yang tiada terputus dan menjadikan berkah bahagia lahir batin dunia akherat,” pungkas Suardi.

Cek Juga

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

SiwinduMedia.com – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran, Penjabat …