PLN Tegaskan Tawaran Penggantian Nomor ID Pelanggan adalah Penipuan
Ilustrasi hati-hati dengan penipuan bermodus jual beli ID pelanggan PLN. (Foto: Dok. PLN)

PLN Tegaskan Tawaran Penggantian Nomor ID Pelanggan adalah Penipuan

Siwindumedia.com – PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan PLN. Untuk kenyamanan dan keamanan pelanggan, PLN mengatakan semua layanan secara terpusat melalui aplikasi PLN Mobile.

Seperti diketahui, belum lama ini beredar penipuan dengan modus program penggantian nomor ID pelanggan, yang meminta pembayaran dan data diri. Modus penipuan ini dilakukan secara langsung door to door ke rumah pelanggan.

“PLN tidak pernah mengadakan program penggantian nomor ID Pelanggan dan meminta pembayaran maupun data diri langsung ke rumah pelanggan,” bunyi imbauan PLN yang diunggah dalam Instagram resmi PLN, Senin (28/8/2023).

Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan hal yang sama, bahwa belakangan ini marak terjadi penipuan dengan berbagai modus, seperti men-download aplikasi tertentu, survei berhadiah, hingga layanan yang mengaku petugas PLN yang datang ke rumah kemudian meminta biaya-biaya di luar ketentuan.

“Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati atas tawaran ataupun pihak-pihak yang mengatasnamakan PLN dan meminta sejumlah biaya atau bayaran,” ujar Gregorius, Senin (28/8/2023).

Baca Juga:  Hendak Potong Ranting Pohon, Pekerja Bangunan Tersengat Kabel Listrik Bertegangan Tinggi

Gregorius menegaskan, PLN tak pernah memungut biaya layanan selain yang tertera di aplikasi dan seluruh transaksi pembayaran saat ini, terpusat lewat sistem digital melalui Payment Point Online Bank (PPOB).

Modus terbaru, ada pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan melampirkan semacam bukti penggantian nomor ID pelanggan untuk kemudian dilunasi oleh pelanggan. PLN memastikan bahwa pihak tersebut bukan dari PLN.

“Sebab, semua keluhan dan kebutuhan pelanggan bisa diselesaikan melalui PLN Mobile melalui nomor register sesuai dengan jenis pelayanan kelistrikan yang dimohon oleh pelanggan,” tegas Gregorius.

Untuk mencegah penipuan, Gregorius menyarankan masyarakat untuk memperhatikan kelengkapan atribut petugas resmi PLN. Menurutnya, petugas PLN selalu dibekali surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD) dan seragam kerja selama bertugas.

“Jika di lapangan masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, masyarakat jangan ragu melaporkannya melalui PLN Mobile atau Contact Center PLN 123,” tandasnya.

Cek Juga

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengeluarkan surat tugas …