Gelar Karya PPG Prajabatan Universitas Swadaya Gunung Jati
Gelar Karya PPG Prajabatan Universitas Swadaya Gunung Jati. Rabu, (16/8/2023). Foto : IST

Unswagati Gelar Karya PPG Prajabatan

SiwinduMedia.com – Beragam karya dan inovasi ditampilkan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon dalam kegiatan gelar karya dengan tema “Bergerak Bersama Menjadi Agen Perubahan Pendidikan,” Rabu (16/8/2023).

Sebagai calon guru profesional, Mahasiswa PPG Prajabatan melaksanakan pagelaran karya sebagai wujud aksi nyata pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan selama perkuliahan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 43 mahasiswa yang dibagi menjadi enam kelompok. Dari setiap kelompok memiliki visi dan misi serta karya inovasi yang disajikan dan diharapkan mampu memotivasi peserta didik untuk gemar membaca, belajar sambil rekreasi, dan memanfaatkan sarana sekolah untuk melatih kreativitas peserta didik.

Acara dihadiri oleh Dekan Fakultas Pendidikan dan Sains, Ketua Prodi Pendidikan Profesi Guru, dosen Universitas Gunung Jati serta pihak sekolah mitra yang diwakili oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru pamong.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pendidikan dan Sains Endang Herawan, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Studi PPG Prajabatan, Dede Mascita.

“Tujuan kegiatan gelar karya ini menyediakan suatu ruang yang diberikan kepada mahasiswa untuk menunjukkan produk kolaborasi dari pelaksanaan perkuliahan selama dua semester,” kata Dede Mascita.

Adapun karya-karya yang disajikan oleh setiap kelompok tersebut merupakan bukti dari praktik belajar para mahasiswa selama perkuliahan dan pelaksanaan proyek kepemimpinan berlangsung.

Terdapat enam mitra yang telah menjalin kerjasama hingga terlaksananya proyek kepemimpinan tersebut yaitu SMKN Veteran, SLB C Pancaran Kasih, SMPN 14 Cirebon, Yayasan Al-Kahfi, Komunitas Sukarelawan Cirebon hingga Panti Asuhan Budhi Asih Cirebon.

Selain itu, pada kegiatan tersebut mahasiswa menunjukkan hasil belajarnya selama melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di empat sekolah yaitu SMKN 1 Kedawung, SMKN 1 Mundu, SMPN 14 Cirebon dan SMPN 1 Kedawung.

Dalam kegiatan ini para tamu undangan dan pengunjung dapat mendatangi setiap stand dan mendapat informasi dari proses pelaksanaan kegiatan.

“Proyek ini merupakan program dari Kurikulum Merdeka, dengan kegiatan Gelar Karya ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya target dari proyek yang telah dilaksanakan dan mendorong mahasiswa lain untuk dapat melahirkan proyek dengan inovasi lainnya,” ujar Ketua Prodi PPG Universitas Gunung Jati.

Cek Juga

Peringati Hardiknas 2024, Kabupaten Kuningan Akan Launching Mulok Gunung Ciremai

Peringati Hardiknas 2024, Kabupaten Kuningan Akan Launching Mulok Gunung Ciremai

SiwinduMedia.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2024 digelar di Lapangan Pandapa …