Sambut 17 Agustus, Warga Kaliwon Desa Cilaja Penuhi Jalan Kampung Makan Bersama

SiwinduMedia.com – Banyak cara warga untuk merayakan dan mensyukuri datang nya hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan sukarela warga gotong royong, ikut berpartisipasi baik dari materi atau pun tenaganya dalam menyambut acara tahunan ini.

Warga Kampung Kaliwon Desa Cilaja Kecamatan Kramatmulya contohnya. Dalam rangka menyambut 17 Agustusan ini, dari orang tua sampai remaja. Bahu membahu mempercantik jalan-jalan gang yang ada disekitar Kampung Kaliwon.

Ahyadi (65), selaku Ketua RW 05 Kampung Kaliwon, kepada SiwinduMedia.com, menceritakan kegiatan warganya dalam mempersiapkan Agustusan di tahun 2023 ini.

“Kegiatan warga ini sudah dilakukan dari minggu awal bulan Agustus. Setiap Sabtu sore dan kalau hari Minggu mulai dari pagi, warga bagi-bagi tugas untuk mempercantik jalan gang” kata Ahyadi.

Ada yang bagian mencat jalan, mencat gapura, melukis dinding, memasang bendera, dan memasang lampu hias. Sementara untuk para ibu dan remaja putri, menyiapkan minuman dan makanan.

Adapun biaya untuk kegiatan tersebut, berasal dari patungan sukarela warga, dan dari sumbangan donatur.

Baca Juga:  Tidak Hanya KPK! UPT. Damkar Pun Bisa Melakukan "OTT"

“Termasuk untuk acara botram (makan bersama, red) kali ini, biaya nya dari patungan warga Kaliwon dan sumbangan dari donatur,” ujarnya.

Dari pantauan SiwinduMedia.com, mulai pukul 18.30 WIB. Warga Kampung Kaliwon mulai dari anak-anak sampai orang tua sudah mulai berdatangan.

Jalan gang yang disulap menjadi tempat makan ini, langsung terisi penuh warga yang sudah tidak sabar untuk menyantap makanan. Berbagai hidangan dari urap, ikan asin, ayam goreng, tahu tempe, perkedel kentang, sambel terasi, dan aneka masakan lainnya. Makanan yang dihidangkan, sudah disiapkan oleh ibu-ibu dan remaja putri dari siang hari sampai menjelang petang.

Warga Kampung Kaliwon Desa Cilaja, mengadakan acara makan bersama menyambut 17 Agustus 2023, Rabu (16/8/2023).
Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Ibu Yati (49) warga yang ikut serta dalam acara makan bersama, merasa senang dengan adanya kegiatan ini.

“Seru, seneng bisa berkumpul makan bareng dengan tetangga yang lain. Bercanda, tertawa, pokoknya ramai banget suasananya,” ujar Yati.

Lebih lanjut Ahyadi menjelaskan, dengan melihat antusias warga yang luar biasa. Kegiatan ini akan kita agendakan di setiap perayaan hari-hari besar.

“Ya, itung-itung sebagai acara silaturahmi warga Kampung Kaliwon supaya kedepannya semakin kompak, guyub, dan solid,” pungkasnya.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Produsen Madu Kuningan Siapkan Beragam Parcel Unik Tapi Murah

Diakhir acara makan bersama, panitia mengadakan doorprize dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar pengetahuan umum nasional dan sejarah Kampung Kaliwon.

Dolmi Fishing dan Bos sayur H Darsono yang menjadi sponsor hadiah untuk acara hiburan ini.

Cek Juga

Sekda Dian Beri Arahan Para Kepala Desa di Kecamatan Cibeureum

Sekda Dian Beri Arahan Para Kepala Desa di Kecamatan Cibeureum

SiwinduMedia.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, memberikan arahan …