Ridwan Kamil Sebut Kenaikan Pertumbuhan Ekonomi Jabar Capai 5,1 Persen
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi keterangan kepada media di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (19/7/2023). (Foto: beritasatu.com)

Ridwan Kamil Sebut Kenaikan Pertumbuhan Ekonomi Jabar Capai 5,1 Persen

Siwindumedia.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pertumbuhan ekonomi di daerah itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengalami pertumbuhan 5,1 persen dan itu menunjukkan tren positif.

“Alhamdulillah, sejak saya menjabat hingga sekarang ekonomi Jawa Barat terus bertumbuh,” kata Kang Emil di Cirebon, Rabu, (20/7/2023).

Menurutnya pada tahun 2023 BPS mencatat pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat mencapai 5,1 persen. Dengan adanya pertumbuhan itu tentu berdampak positif pada berbagai sektor, salah satunya penurunan angka kemiskinan.

Ia menjelaskan pada masa awal kepemimpinannya telah mencanangkan visi pusat perekonomian baru di kawasan utara Jawa Barat.

Untuk itu, Pemprov Jawa Barat, mencetuskan kawasan segitiga Rebana yang meliputi Subang, Majalengka, dan Cirebon sebagai pusat perekonomian baru. “Kami berhasil melobi Presiden RI untuk mengeluarkan Perpres Nomor 87 tentang pembangunan kawasan Rebana dan Jabar selatan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya keputusan presiden tersebut, akhirnya disepakati dukungan pembangunan infrastruktur di kawasan Rebana dan Jabar selatan dengan nilai mencapai Rp 250 triliun.

Baca Juga:  Wakili Kuningan, Desa Jambar Dan Desa Sadamantra Raih Prestasi Sayembara Desa Digital 2023

Selain itu, keputusan presiden tersebut berhasil menarik investasi di Jawa Barat, yang nilainya mencapai Rp 175 triliun pada tahun ini. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, nilai investasi di Jawa Barat telah menduduki peringkat tertinggi di antara provinsi-provinsi lain di Indonesia.

“Jika setiap investasi sebesar Rp 1 triliun dapat menciptakan 100 ribu lapangan kerja baru, maka tahun ini terdapat 17,5 juta lapangan kerja baru di Jawa Barat,” tutup Ridwan Kamil.

Cek Juga

Perekrutan PPK Pilkada Kuningan Dituding Bermasalah, Aldi : KPU Diduga Langgar UU 10/2016

SiwinduMedia.com – Perekrutan Panitia Adhock penyelenggara Pilkada serentak 2024 tingkat Kecamatan, atau Panitia Pemilihan Kecamatan …