Tim Ekspedisi Saka Kencana dan Forum Genre Sukses Kibarkan Bendera Harganas di Puncak Ciremai
Tim Ekspedisi Saka Kencana dan Forum Genre Sukses Kibarkan Bendera Harganas di Puncak Ciremai. (Foto: IST)

Tim Ekspedisi Saka Kencana dan Forum Genre Sukses Kibarkan Bendera Harganas di Puncak Ciremai

SiwinduMedia.com – Bersamaan dengan berkumandangnya Takbir di pelosok dunia, Rabu (28/6/2023), Tim Ekspedisi Saka Kencana dan Forum Genre akhirnya berhasil mengibarkan bendera Harganas (Hari Keluarga Nasional) yang biasa diperingati setiap tanggal 29 Juni. Bendera Harganas dikibarkan di Puncak Gunung Ciremai.

Ekspresi puas dan bahagia tampak terpancar dari 12 orang remaja anggota tim ekspedisi yang dipimpin Sekretaris DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Alfalah Sidieqqy. Perjalanan yang memakan waktu 2 hari 1 malam akhirnya berbuah manis dan misi utama dapat terselesaikan.

Pengibaran bendera Harganas ini digagas oleh BKKBN Jawa Barat dan dalam pelaksanaannya melibatkan DPPKBP3A Kuningan. Pengibaran bendera di atap Jawa Barat ini menjadi simbol bagaimana kuatnya tekad pemerintah, untuk menyelesaikan persoalan stunting di Indonesia.

Meski harus bersusah payah dan menghadapi banyak rintangan, tetapi dengan keyakinan dan optimisme, dilandasi semangat kolaborasi, pemerintah bertekad membebaskan Indonesia dari kasus stunting di 2025.

Hal tersebut dikatakan Elma Triyulianti saat melepas tim ekspedisi ini, Selasa lalu (27/6) di Desa Cisantana Kecamatan Cigugur. Perjuangan Saka Kencana dan Forum Genre ini memang tidak main-main. Padahal beberapa anggota tim baru pertama kalinya mendaki Gunung Ciremai.

Baca Juga:  DPPKBP3A Kuningan Raih Penghargaan Pada Peringatan Harganas Tingkat Jawa Barat

“Medan yang berat membuat sepatu yang digunakan anggota sampai solnya jebol dan harus diikat tali rafia, agar solnya tidak terlepas hingga ke puncak. Belum lagi harus menahan haus dan lapar karena menjelang puncak tidak ada mata air yang tersedia,” kata Elma, kepada SiwinduMedia.com, Sabtu (1/7/2023).

Sementara itu, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Trisman Supriatna, menyatakan kebanggaannya pada tim ekspedisi ini. Pihaknya sangat mengapresiasi kegigihan para anggota Saka Kencana dan Forum Genre yang sukses mengibarkan bendera Harganas di puncak Ciremai, sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat.

“Harapan saya semangat mereka dapat kita tiru dan kita terapkan, dalam upaya penanganan stunting di Kuningan khususnya. Hanya dengan kerjasama dan kolaborasi stunting ini bisa kita turunkan,” ucap Trisman.

Trisman juga menyampaikan, kebijakan penurunan stunting tahun ini diarahkan pada intervensi bagi calon pengantin, kesehatan bayi di 1000 HPK, serta kesehatan ibu hamil dan janin pasca persalinan.

“Itulah alasannya para remaja dilibatkan dalam kegiatan pencegahan stunting. Sebagai calon pengantin, mereka harus paham bagaimana menjaga kesehatan pribadi agar kelak anak-anak yang dilahirkan menjadi anak yang sehat dan bebas stunting,” pungkasnya.

Baca Juga:  Bupati Acep Sudah Lengser, Ketua TP PKK Kuningan Beralih ke Susi Widyawati

Kegiatan pengibaran bendera, bakti sosial dan sosialisasi terkait stunting yang dilaksanakan di Desa Cisantana, menjadi rangkaian kegiatan peringatan Harganas tingkat Jawa Barat. Sedangkan Peringatan puncak Harganas tingkat Jawa Barat, akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang di Pangandaran.

Rencananya di sana akan dilakukan pula pengibaran Bendera Harganas di bawah laut Pangandaran. Hal ini menjadi simbol bahwa penuntasan kasus stunting dilakukan secara masif hingga ke berbagai pelosok Jawa Barat.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …