DPPKBP3A Kuningan Hantarkan Karni Raih Penghargaan Tingkat Jabar
Karni, warga Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung, mendapatkan penghargaan dari Pemprov Jabar bidang lingkungan. Tampak Ia diberikan penghargaan pula oleh Kepala DPPKBP3A Kuningan, Trisman Supriatna, yang menghantarkan Karni meraih juara. (Foto: IST)

DPPKBP3A Kuningan Hantarkan Karni Raih Penghargaan Tingkat Jabar

SiwinduMedia.com – Seperti tak puas dengan deretan raihan prestasi di tahun 2022, DPPKBP3A menambah daftar prestasi di tahun 2023 melalui Ibu Karni yang meraih Penghargaan Hari Kartini dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan ini kepada 27 perempuan berprestasi dan berjasa dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, secara langsung menyerahkan piagam penghargaan dan apresiasi dalam Peringatan Hari Kartini ke-145 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula Timur Gedung Sate, Kota Bandung, pada Rabu lalu (31/5/2023).

“Penghargaan ini diberikan kepada 27 perempuan yang telah melakukan tindakan kepahlawanan di 27 kota/kabupaten dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-145,” ujar Ridwan Kamil.

Penghargaan kepada perempuan Jawa Barat yang berjasa dan berprestasi dibagi menjadi lima kategori, yaitu pendidikan (5 orang), kesehatan (6 orang), lingkungan hidup (5 orang), sosial budaya (6 orang), dan pertanian (5 orang).

Karni menjadi wakil dari Kabupaten Kuningan yang mendapatkan penghargaan tersebut dari kategori lingkungan hidup. Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Trisman Supriatna SPd MPd menyampaikan rasa bangganya atas apresiasi yang diterima Karni.

Baca Juga:  Selamat! 4 Kades dari Kuningan Lolos Seleksi Audisi Paralegal Justice Award 2023

“Ibu Karni menjadi gambaran bagaimana perjuangan kaum perempuan untuk lebih berdaya dalam hidupnya. Saya sangat respek dan bangga atas prestasi ini, tentunya hal ini tidak lepas dari upaya DPPKBP3A dalam mewujudkan kesetaraan gender, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi DPPKBP3A dalam urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” kata Trisman kepada SiwinduMedia.com, Senin (5/6/2023).

“Saya juga mengajak perempuan di Kuningan untuk terus berkiprah menjadikan Kuningan yang lebih baik. Semoga penghargaan ini juga bisa menginspirasi perempuan-perempuan di Kuningan untuk terus mengembangkan diri dan berinovasi sesuai dengan profesi dan bidang tugas yang dimiliki,” imbuhnya.

Konsep kolaborasi dan sinergi, lanjut Trisman, menjadi strategi DPPKBP3A dalam menjalankan tugas pemerintahan. Meski Ibu Karni bergerak di Bidang Lingkungan Hidup, kiprahnya tetap menjadi perhatian DPPKBP3A sehingga dianggap layak mewakili Kabupaten Kuningan.

Di lingkungan tempat tinggalnya Desa Kertayasa, Karni sendiri aktif mengurus TPS 3R Desa Kertayasa. Ia bergerak mulai dari mengangkut sampah warga, memilah sampah dan menerapkan konsep reduse-reuse-recycle dan berkontribusi pada bank sampah Desa Kertayasa, sehingga lingkungan tempat tinggalnya tetap terjaga kebersihannya.

Baca Juga:  Bupati Acep Sudah Lengser, Ketua TP PKK Kuningan Beralih ke Susi Widyawati

Konsep kolaborasi dan sinergi ini juga membuka pintu sukses lainnya. Selain penghargaan untuk Karni, di minggu yang sama DPPKBP3A Kuningan berhasil meraih peringkat 2 Jawa Barat dalam program GEMPUR MKJP (Gerakan Masif Pelayanan KB untuk Rakyat Jawa Barat) bekerjasama dengan IBI Kuningan dalam rangka Bulan Bhakti IBI.

Pada lomba ini Kuningan berhasil mencapai target MKJP yang diberikan BKKBN Provinsi Jawa Barat selama Bulan Bhakti IBI periode April sampai dengan Mei 2023.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …