Kera Masuk Kampung! Hebohkan Warga Gunung Keling
Tampak kera ekor panjang berada diatap rumah H Subagja, sebelum akhirnya masuk ke area perkebunan. Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Kera Masuk Kampung! Hebohkan Warga Gunung Keling

SiwinduMedia.com – Seekor kera ekor panjang (Macaca Pascicularis), telah menghebohkan warga Blok Sukamampir Dusun Kliwon RT 12 RW 05 Desa Gunung Keling Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan.

Rabu siang (14/6/2023), sekitar pukul 12.00 WIB,  kera tersebut masuk ke dalam rumah H Subagja dan sempat tertahan didalam gudang.

Karena takut kejadian yang tidak diinginkan, Hidayati (22) cucu dari bapak Subagja, melaporkan kejadian tersebut ke UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan untuk menangkap atau mengusir nya.

“Kera tersebut sering masuk keperumahan, karena memang lokasi kita ini berdampingan dengan kebun bambu dan pohon-pohon yang cukup lebat,” ucap Hidayati.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti SPd MSi, menyampaikan bahwa setiap kali ada giat dari anggota Damkar sebagai bentuk tindak lanjut atas laporan warga. Itu sesuai dengan landasan hukum yang jelas, dan menjadi Standar Of Procedure (SOP) bagi tim kami.

“Untuk itu buat masyarakat Kuningan, jangan segan atau sungkan untuk melapor ke UPT  Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan apabila dilingkungan sekitarnya ada kejadian yang memerlukan tindakan penyelamatan. Baik yang sifatnya kebakaran dan non kebakaran,” ujar Khadafi.

Baca Juga:  Waduh! Tak Kunjung Diperbaiki Pemda, Jalan Penghubung Desa Tundagan Diratakan Gunakan Tanah

Setelah menerima laporan, Tim UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan  berangkat pukul 12.20 WIB.  Menerjunkan 4 anggota regu piket dari regu 3, dengan menggunakan KR 4 langsung ke lokasi.
Khadafi menjelaskan, keberadaan binatang liar diarea pemukiman warga. Apabila dibiarkan atau tidak segera dievakuasi dikhawatirkan akan mengganggu aktifitas bahkan membahayakan warga masyarakat setempat.

Saat petugas tiba, kera tersebut keluar dari genting dan langsung melarikan diri ke area perkebunan yang berdampingan dengan rumah warga. Kemudian dilakukan penyisiran selama kurang lebih 40 menit, kera tidak ditemukan kemungkinan sudah jauh masuk ke area perkebunan.

Ada kemungkinan kera tersebut akan masuk lagi ke pemukiman warga. Anggota sudah memberikan edukasi kepada pemilik rumah dan warga sekitar, agar tidak memberikan makanan kepada kera tersebut.

“Antisipasi kera masuk ke dalam rumah, dan kita juga kan tidak tahu kapan datangnya. Warga baiknya menutup pintu dan jendela rapat-rapat, kemudian melakukan pengusiran dengan memukul bunyi-bunyian jika kera datang lagi,” himbau Khadafi.

Cek Juga

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

SiwinduMedia.com – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran, Penjabat …