Pemkab Kuningan Siap Bantu Pembangunan Kembali Rumah Warga yang Longsor di Ciwaru
Pj Vupati Kuningan HR Uup Hidajat bersama rombongan Pemkab Kuningan, meninjau lokasi rumah warga yang longsor di Desa Ciwaru Kabupaten Kuningan, Minggu (24/3/2024). Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com

Pemkab Kuningan Siap Bantu Pembangunan Kembali Rumah Warga yang Longsor di Ciwaru

SiwinduMedia.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan dibawah komando Pj Bupati Dr Drs H Raden Iip Hidajat MPd, akan turut membantu pembangunan kembali satu rumah warga yang ambruk akibat longsor beberapa waktu lalu.

Perhatian khusus Pj Bupati Kuningan ini, dibuktikan dengan peninjauan langsung ke lokasi, Minggu (24/3/2024). Ia didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana SSTP dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan HM Mutofid SH MT.

Seperti diketahui melalui berbagai pemberitaan media lokal Kuningan, bencana tanah longsor telah meluluhlantahkan rumah milik Tarsan, warga Blok Pamuruyan, Dusun Ciseureuh Desa/Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan pada 5 Maret 2024 lalu. Warga ini kehilangan tempat tinggal dan memerlukan bantuan berbagai pihak untuk pembangunannya kembali.

Saat peninjauan tersebut, Pj Bupati Iip Hidajat berjanji Pemkab Kuningan akan membantu pembangunan kembali rumah Tarsan, dengan catatab di lokasi yang verveda, mengingat di lokasi yang sama masih terdeteksi rawan longsor. Selain dibantu oleh Pemda, pembangunan rumah ini juga akan mendapat bantuan dari Pemdes beserta swadaya masyarakat setempat.

Baca Juga:  Atasi Kebakaran Hutan TNGC, Forkompimda Kuningan Lakukan Koordinasi Karhutla di Batu Luhur

“Hari ini saya bersama dengan Pak kepala Pelaksana BPBD dan Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan pertanahan meninjau lokasi bencana di Desa Ciwaru. Satu rumah warga atas nama Bapak Tarsan terdampak longsir dan rata dengan tanah. Insya Allah Pemerintah Daerah akan membantu pembangunan rumah dengan turut pula di bantu oleh Pemerintah Desa dan swadaya masyarakat,” janji Iip.

Menurut Iip, saling bahu membahu untuk pembangunan kembali rumah warga tersebut merupakan salah satu cerminan dari budaya gotong royong bangsa Indonesia untuk membantu masyarakat yang sedang terkena musibah.

“Seperti yang sering saya sebutkan, saat ini sudah gak zaman super man, yang ada Super team. Semoga dengan relokasi dan bantuan pembangunan rumah ini akan memberikan kebermanfaatan bagi Pak Tarsan,” kata Iip.

Sementara itu, Tarsan, warga yang rumahnya terdampak longsir, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa yang akan membantu dirinya dan keluarga untuk membangun kembali rumah yang telah rata dengan tanah itu. Kini dirinya pun merasa lega karena masa depan keluarganya untuk bertempat tinggal kembali muncul berkat kepedulian Pemkab Kuningan dan Pemdes beserta masyarakat Desa Ciwaru.

Baca Juga:  Pj Gubernur Jabar Minta Iip Hidajat Segera Selesaikan Masalah di Kuningan, Sekda Dian : Kami Siap Bersinergi

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Bupati, bersama rombongan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan yang telah memberikan bantuan luar biasa ini. Alhamdulilah, karena bantuan ini Pemerintah Desa turut juga membantu bersama dengan swadaya masyarakat,” ucap Tarsan penuh haru.

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …