Sambut Ramadhan, Belasan Mushola dan Masjid Jadi Sasaran 'Jamesbon'
Tampak Remaja Mesjid Pajambon atau 'Jamesbon', sedang membersihkan mushola dan mesjid yang ada di Desa Pajambon. Dalam rangka persiapan menyambut datangnya bulan Ramadhan 1445 H. (Foto: Ist)

Sambut Ramadhan, Belasan Mushola dan Masjid Jadi Sasaran ‘Jamesbon’

SiwinduMedia.com – Memasuki bulan suci Ramadhan 1445 H, berbagai kegiatan dilakukan Remaja Mesjid Pajambon atau yang yang lebih dikenal Jamesbon, salah satunya dengan membersihkan mushola-mushola dan mesjid yang ada Di Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Sabtu (09/03/2024).

“Sedikitnya ada 14 mushola dan 1 mesjid, menjadi sasaran Jamesbon untuk dibersihkan,” kata Enra Saefullah, selaku pengurus Ikatan Remaja Mesjid Baiturrahim Desa Pajambon.

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari tersebut, melibatkan puluhan remaja yang biasa menimba ilmu agama di Mesjid Jami Baiturrahim Desa Pajambon. Mulai dari anak-anak tingkat PAUD, TK, SD, SMP, bahkan tingkat SMA.

Tradisi bersih-bersih mushola masih kata Enra, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan hampir tiap tahun menjelang bulan suci ramadhan.

Dengan melibatkan berbagai unsur tidak hanya remaja mesjid, pihaknya juga menggandeng warga Pajambon lainnya untuk bersama- sama membersihkan mushola. Sehingga pas waktunya nanti, warga dapat lebih nyaman dan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun, dan kegiatan ini kami lakukan untuk membantu masyarakat dalam persiapan menyambut bulan suci Ramadhan. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menjalankan ibadah dengan lebih khusyuk,” tutur Enra.

Baca Juga:  Tidak Dengan Unjuk Rasa, KSPSI Kuningan Peringati Hari Buruh Dengan Halal Bihalal dan Santunan Anak Yatim

Enra menambahkan, selain mengadakan kegiatan bersih-bersih mushola dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1445 H tahun ini. Remaja mesjid Desa Pajambon, juga mengadakan pawai Ta’aruf dengan melibatkan ratusan santri dan warga. Pawai dilakukan dengan berjalan menyusuri jalan Desa setempat, sambil membacakan sholawat.

Lebih lanjut Enra menjelaskan, masih banyak rangkaian kegiatan yang dibuat dalam rangka menyambut dan untuk mengisi bulan suci ramadhan tahun ini.

Diantaranya Tahrib Ramadhan, kuliah subuh, pesantren kilat, yasinan, sholawatan, buka bersama, tadarusan, khotmil qur’an, mabit, nuzulul qur’an, fun game, lomba-lomba, pawai obor, dan masih banyak kegiatan lainnya.

“Alhamdulilah, warga Desa Pajambon terlihat antusias dan menyambut baik kegiatan tersebut,” terang Enra.

Sementara itu Kepala Desa Pajambon Dra Nani Ariningsih disela kegiatan mengatakan, kegiatan bersih-bersih mushola dan pawai Ta’aruf ini dapat merajut kebersamaan dan memberikan rasa semangat yang tinggi dalam menjalankan ibadah puasa.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut, warganya diberi kesehatan dan keberkahan dari Allah SWT. Selain itu dengan terciptanya lingkungan mushola yang bersih, dapat memberikan rasa nyaman warganya dalam menjalankan ibadah.

Baca Juga:  Masalah Asmara Jadi Penyebab Anak Perwira Polisi Aniaya Mahasiswa di Medan

“Kami dari Pemerintahan Desa Pajambon sangat menyambut baik kegiatan yang dimotori oleh Ikatan Remaja Mesjid Jami Baiturrahim ini. Semoga kegiatan ini menjadi ajang perekat ukhuwah islamiyah dan silaturahmi diantara kita, sekaligus upaya melestarikan tradisi menjelang bulan suci Ramadhan,” pungkasnya.

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …