Selamat! SMK Pertiwi Kuningan Raih Penghargaan di SMK Award 2023 Jabar

Selamat! SMK Pertiwi Kuningan Raih Penghargaan di SMK Award 2023 Jabar

SiwinduMedia.com – SMK Pertiwi Kuningan meraih penghargaan untuk kategori Keterserapan Bekerja dalam gelaran SMK Award 2023. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, di Hotel Grand Sunshine Soreang Kabupaten Bandung, Jum’at (22/12/2023).

Kepala SMK Pertiwi Kuningan Dea Ariana Vamitrianto SE MSi, kepada SiwinduMedia.com, Jum’at (22/12/2023) menyampaikan, penghargaan yang diraih oleh SMK Pertiwi untuk kategori keterserapan bekerja, dilihat dari banyaknya jumlah lulusan yang diterima oleh dunia industri dan dunia kerja.

Kegiatan ini bentuk apresiasi, untuk SMK se- Jawa Barat dari Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Bidang PSMK. SMK Pertiwi bisa mendapatkan penghargaan, melalui proses seleksi yang ketat dari 2905 SMK se-Jawa Barat.

“Alhamdulillah, setelah tahun 2022 masuk finalis, tahun 2023 ini SMK Pertiwi akhirnya bisa meraih SMK Award 2023 untuk kategori keterserapan bekerja. Ini sangat membanggakan, prestasi ini berkat kinerja yang baik dari guru, kualitas siswa dan dukungan dari orang tua siswa. Serta adanya kerjasama dengan 105 industri, yang siap menyerap lulusan, melalui Bursa Kerja Khusus (BKK),” ucap Dea.

Baca Juga:  Dampak Abai Isu Lingkungan, Indonesia Darurat Sampah!

SMK Pertiwi Kuningan selalu berkomitmen menyalurkan setiap lulusan, pelaksanaan rekruitmen di laksanakan rutin setiap 2 bulan sekali, untuk job fair dilaksanakan 6 bulan sekali, bahkan lulusan sekolah lain pun disalurkan.

Jadi siswa SMK Pertiwi Kuningan setelah lulus, tidak pusing lagi untuk melamar pekerjaan. Masih kata Dea, karena para industrinya yang hadir langsung ke sekolah.

Bahkan siswa sebelum lulus pun sudah disistem ijonkan, sudah dipesan oleh industri. Tidak hanya bekerja di dalam negeri, SMK Pertiwi juga menyalurkan lulusan ke luar negeri. Seperti ke Jepang, Korea, dan Taiwan.

Sudah banyak alumni SMK Pertiwi, yang sudah bekerja di luar negeri. Kualitas lulusannya, selain bersertifikat industri juga dilatih mempunyai softskill yang baik.

“Kami mendidik siswa melalui program magang 6 bulan di industri, jadi ketika sekolahpun siswa kami sudah ada yang mendapatkan gaji. Sekali lagi terimakasih untuk support dan kepercayaan, yang telah diberikan dari semua stakeholder, mulai dari pemerintah, industri dan masyarakat,” tutup Dea.

Untuk pemenang kategori yang lain, ada SMKN 3 Bandung sebagai Juara Umum SMK Awards 2023. Sekaligus menjadi pemenang untuk kategori Penyelenggara Kurikulum Merdeka.

Baca Juga:  Kontrak Asep Safei, EASGA FC: Kami Siap Jadi Klub Sepak Bola Profesional

Sedangkan kategori Link and Match dimenangkan oleh SMKN 1 Cibadak Kabupaten Sukabumi, kategori Budaya Kerja Industri dimenangkan oleh SMKS Mitra Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, untuk kategori TEFA SMKNon-BLUD diraih oleh SMKN 1 Subang, untuk kategori Pengelola BLUD oleh SMKN 2 Subang.

Sementara itu untuk kategori Penghasil Karya Inovatif, diraih oleh SMKS Al-Wafa Kabupaten Bandung, kategori Pencetak Wirausaha SMKN 1 Pacet Kabupaten Cianjur, dan kategori Lembaga Sertifikasi Profesi diraih SMKN 1 Kota Sukabumi.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Drs Wahyu Mijaya SH MSi, saat membuka ajang apresiasi prestasi SMK Awards 2023 mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang.

“Selamat kepada Bapak/Ibu yang menjadi juara. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu semua yang telah memberikan pemikiran, curahan tenaga, dan semua yang telah dilakukan untuk mendidik putra-putri kita,” ujar Kadisdik.

Kadisdik juga mengingatkan, raihan atau capaian tersebut jangan sampai melenakan. “Ini bukan tentang kebanggaan dimasa lalu dan masa kini, tetapi apa yang harus kita lakukan di masa depan agar lebih baik lagi,” pesan Kadisdik.

Baca Juga:  Tugu Prasasti TMMD ke-117 Jadi Saksi Kodim 0615 Kuningan Membangun Desa

Sementara itu selaku penyelenggara acara, Edy Purwanto MM Kepala Bidang PSMK Disdik Jabar berharap, hasil dari kegiatan ini SMK di Jawa Barat bisa memahami dan mengimplementasikan revitalisasi SMK.

“Sehingga, anak-anak kita bisa bersaing, berdaya guna, dan berprestasi. Juga mampu menjadi media promosi dalam pengelolaan SMK di Jabar serta menjadi lokomotif pembangunan dan kemajuan bangsa,” pungkasnya.

Cek Juga

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengeluarkan surat tugas …