Ribuan Warga Kuningan Tumpah Ruah Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina, Kumpulkan Donasi Hingga Rp130 Juta Lebih
Ribuan warga Kuningan dari berbagai elemen memadati Halaman Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan, saat menggelar aksi solidaritas untuk Palestina, Minggu pagi (5/11/2023). FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Ribuan Warga Kuningan Tumpah Ruah Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina, Kumpulkan Donasi Hingga Rp130 Juta Lebih

SiwinduMedia.com – Aksi brutal tentara Israel menggempur rakyat Palestina telah mengundang reaksi keras masyarakat Indonesia. Berbagai aksi protes keras dilakukan banyak kalangan agar kekejaman yang dilakukan bala tentara zionis Israel tersebut segera dihentikan.

Di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ribuan masyarakat dari berbagai elemen tumpah ruah memadati halaman Masjid Agung Syiarul Islam di pusat kota Kuningan, Minggu pagi (5/11/2023). Mereka pun terketuk hati untuk menggelar Aksi Solidaritas dan Doa Bersama untuk Palestina Merdeka.

Acara solidaritas yang diinisiasi Forum Masyarakat Peduli Kemanusiaan Kabupaten Kuningan ini, juga dihadiri Bupati Kuningan H Acep Purnama beserta sejumlah Kepala SKPD, pimpinan Pondok Pesantren beserta para santri, pimpinan lembaga, aparat kepolisian dan TNI, Satpol PP, serta pihak-pihak lainnya.

Berbagai orasi mengutuk kekerasan yang dilakukan Israel kepada masyarakat Palestina, disampaikan para orator silih berganti. Tak sedikit warga yang meneteskan air mata kala disampaikan kondisi mengerikan yang terjadi di Negara Palestina tersebut.

Bupati Kuningan dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada Forum Masyarakat Peduli Kemanusiaan Kabupaten Kuningan yang telah memprakarsai kegiatan itu. Menurut Acep, dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat beserta seluruh elemennya dapat membuka mata hati terhadap penderitaan yang sedang dialami masyarakat Palestina, sehingga tergerak untuk mendoakan dan mendukung saudara-saudaranya di sana.

Baca Juga:  Kian Memanas! Dalam Enam Hari Israel Jatuhkan 6.000 Bom di Jalur Gaza

“Kita harus bersama-sama berpihak dan melakukan pembelaan dalam kemerdekaan Palestina sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945, yang berbunyi bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. Dan oleh sebab itu, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan,” kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengungkapkan keprihatinan dan kesedihan yang mendalam atas apa yang sedang dialami jutaan rakyat Palestina. Menurutnya, tindakan Israel yang terus menyerang warga negara Palestina khususnya di Jalur Gaza, merupakan tindakan terkutuk karena telah melakukan tindakan genosida dengan membunuh ribuan warga. Hal tersebut merupakan kejahatan perang yang tak bisa dibiarkan.

“Kami ucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas jatuhnya ribuan korban jiwa di kalangan masyarakat Palestina. Kita serukan kepada seluruh umat islam dan seluruh masyarakat untuk memanjatkan doa semoga kematian para korban dinilai sebagai syuhada memperoleh tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan kemampuan untuk meneruskan perjuangan mewujudkan kemerdekaan dan perdamaian di bawah ridho Allah SWT,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tanggapan Coca-Cola soal Aksi Boikot Produk Pro Israel

Untuk itu, Bupati Kuningan mendorong Pemerintah Republik Indonesia bersama seluruh elemen di seluruh dunia untuk terus menyuarakan dan memperjuangkan hak-hak warga negara Palestina, demi terwujudnya Palestina yang merdeka.

“Ketika kita berbicara tentang Palestina, kita tidak hanya berbicara tentang konflik, tetapi juga tentang harapan dan keadilan. Kita berbicara tentang hak rakyat Palestina untuk hidup dalam perdamaian dan kemakmuran,” ucap Acep.

Sementara itu, Dadan Somantri Santana SH, selaku perwakilan Forum Masyarakat Peduli Kemanusiaan Kabupaten Kuningan, mengatakan hingga saat ini sudah lebih dari 8 ribu jiwa menjadi korban kejahatan perang yang dilakukan Israel, termasuk 3 ribu lebih korban merupakan anak-anak dan wanita.

“Maka dari itu, kami masyarakat Kuningan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, tentunya mengecam dan sangat mengutuk tindakan yang dilakukan oleh Israel kepada saudara-saudara kita di Palestina,” sebut Dadan.

Dalam kesempatan tersebut, Dadan mengajak masyarakat Kuningan untuk menjadi bagian dari perjuangan rakyat Palestina. “Tunjukan kepedulian dengan menginfakkan harta terbaik untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina,” ajaknya.

Baca Juga:  Rakyat Palestina Terus Dianiaya, Pontren Al-Multazam Kirim Do'a

Selain Do’a Bersama, dalam kegiatan ini juga dilakukan penggalangan dana yang nantinya akan diberikan kepada warga Palestina melalui lembaga resmi. Ribuan masyarakat Kuningan yang sejak pagi hari memenuhi halaman Masjid Syiarul Islam tampak berdo’a dengan khusyuk dan khidmat. Tercatat dana bantuan yang berhasil dikumpulkan sekitar Rp130 juta lebih dan hingga saat ini terus bertambah.

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …