Kabar Gembira! Pemerintah Siap Bagikan 500 Ribu Rice Cooker Gratis
Hal ini seiring terbitnya Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga. (Foto: Tempo)

Kabar Gembira! Pemerintah Siap Bagikan 500 Ribu Rice Cooker Gratis 

Siwindumedia.com – Pemerintah akan membagikan alat masak berbasis listrik (AML) gratis berupa rice cooker kepada masyarakat. Targetnya, program ini mulai dijalankan di tahun 2023.

Hal ini seiring terbitnya Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, rencana bagi-bagi rice cooker gratis tersebut merupakan upaya pemerintah mendorong pemanfaatan energi bersih itu di seluruh sektor, mulai dari industri, transportasi, hingga rumah tangga.

Baca Juga: Begini Cara Mendapat Rice Cooker Gratis dari Pemerintah

“Di rumah tangga kita dorong salah satunya dengan menggeser pemanfaatan yang misalnya sekarang dengan bahan bakar yang lain di geser ke listrik. Itu akan kita lakukan tahun ini,” ujarnya dikutip Rabu (6/10/2023).

Nantinya, warga yang mendapatkan rice cooker gratis dari pemerintah akan menerima satu set AML bersama dengan buku petunjuk pengoperasian, kartu garansi, dan brosur yang berisi rekomendasi pola pemakaian.

Sementara itu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu mengatakan pembagian 500 ribu rice cooker itu berpotensi meningkatkan konsumsi listrik sekitar 140 GWh setara dengan kapasitas pembangkitan 20MW.

Menurutnya, program ini juga berpotensi menghemat LPG sekitar 29 juta kilogram (kg) atau setara 9,7 juta tabung 3 kg.

Jisman juga mengklaim program ini akan bermanfaat untuk pelanggan yang dapat menurunkan biaya sebagian memasak yang sebelumnya menggunakan LPG.

“Untuk Pemerintah, program ini dapat mengurangi subsidi impor LPG 3kg yang digunakan untuk memasak. Bagi PLN program ini dapat meningkatkan penjualan listrik,” imbuh Jisman melalui keterangan resmi, Senin (9/10/2023).

Ia juga menyampaikan target rumah tangga penerima rice cooker adalah pelanggan PLN atau PLN Batam berdaya 450 VA sampai dengan 1.300 VA yang berdomisili di daerah tersedia listrik 24 jam menyala.

BEGINI CARANYA!

Selain itu, rumah tangga tersebut juga tidak memiliki AML.

Jisman mengatakan rice cooker yang dibagikan harus buatan dalam negeri yang dibuktikan dengan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), sesuai Standar Nasional Indonesia, dan memiliki label hemat energi.

“Spesifikasi AML yang akan didistribusikan antara lain berfungsi minimal memasak nasi, menghangatkan dan mengukus dengan kapasitas sebesar 1,8 sampai dengan 2,2 liter,” katanya.

Lebih lanjut, Jisman menyampaikan program ini merupakan hibah dari pemerintah. Oleh karena itu, perlu disematkan stiker yang bertuliskan “Hibah Kementerian ESDM” dan “Tidak untuk diperjualbelikan.”

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …