Begini Cara Mendapat Rice Cooer Gratis dari Pemerintah

Begini Cara Mendapat Rice Cooker Gratis dari Pemerintah

SiwinduMedia.com – Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi oversupply listrik PLN, pemerintah melalui kementrian ESDM berencana untuk membagikan 500.000 rice coocker gratis kepada masyarakat. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri ESDM No. 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik ke Rumah Tangga pada Senin 2 Oktober 2023.

Baca Juga: Kabar Gembira! Pemerintah Siap Bagikan 500 Ribu Rice Cooker Gratis 

Dadan Kusdiana, Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementrian ESDM mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk mendorong pemanfaatan energi bersih di sektor industri rumah tangga.

Selain program pembagian rice cooker gratis ini, sebelumnya pemerintah juga melancarkan program kendaraan listrik dalam mendukung pemanfaatan energi bersih di sektor transportasi.

Lalu bagaimana cara mendapatkan Rice Coocker Gratis dari Pemerintah?

Berdasarkan Permen ESDM No. 11 tahun 2023, masyarkat penerima rice cooker harua memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  1. Penerima harus merupakan pelanggan PLN atau PLN Batam yang saat ini berdomisili di wilayah dengan jaringan listrik tegangan 450, 900, dan 100 volt-ampere (VA) dan mendapatkan pasokan listrik 24 jam per hari.
  2. Penerima merupakan rumah tangga yang belum memiliki AML.
Baca Juga:  Pemkab Garut jadi Sorotan usai Lebih Pentingkan Anggaran ke Luar Negeri Dibandingkan atasi Kemiskinan

Calon penerima bantuan harus melalui validasi Kepala Desa atau Kepala Kelurahan atau pejabat setingkat. Data calon dilaporkan oleh PLN kepada Menteri melalui Dirjen selambat-lambatnya tanggal 31 Oktober 2023.

Data tersebut berupa nama, nomor induk kependudukan, nomor identitas pelanggan PLN atau PLN Batam dan alamat lengkap yang terdiri dari nama desa atau kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Setelah data yang diajukan tersebut diverifikasi, penyaluran bantuan rice coocker gratis akan dilakukan segera sesuai dengan wilayah yang ditentukan.

Perlu diketahui berikut ini paket AML yang akan diberikan pemerintah:

  • Satu set AML yang memiliki kapasitas 1,8-2,2 liter yang akan dilengkapi stiker “Hibah Kementrian ESDM dan Tidak untuk Diperjualbelikan”
  • Buku petunjuk pengoperasian AML
  • Kartu Garansi
  • Brosur yang berisi rekomendasi pola pemakaian AML

Bantuan AML ini akan didistribusikan melalui Pos Indonesia dan atau badan usaha lain.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …