Tingkatkan Mobilitas dan Daya Jangkau, 30 Petugas KB Difasilitasi Motor Inventaris
Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, berfoto diatas motor bantuan untuk para penyuluh KB dan petugas lapangan DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Senin (31/7/2023). Foto: Purnomo Widodo/Siwindumedia.com

Tingkatkan Mobilitas dan Daya Jangkau, 30 Petugas KB Difasilitasi Motor Inventaris

Siwindumedia.com – Bupati Kuningan, H Acep Purnama, SH MH, secara simbolis menyerahkan 30 unit sepeda motor kepada para penyuluh Keluarga Berencana (KB) dan petugas lapangan KB Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kuningan.

Acara penyerahan bantuan motor tersebut bertempat di halaman Sekretariat daerah Kabupaten Kuningan, Senin (31/07/2023), selepas Acep memberikan arahan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pelaksanaan apel pagi lingkup Sekterariat Daerah.

Dari pantauan Siwindumedia.com, tampak hadir pada kesempatan tersebut para staff ahli Bupati, Assisten Daerah, para Kepala SKPD, para Kepala Bagian dan Subkoordinator serta ASN lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan.

Adapun anggaran untuk membeli motor inventaris ini, berasal dari Bantuan keuangan BKKBN dari DAK Fisik Sub Bidang Keluarga Berencana.

Bantuan ini merupakan dukungan kepada program “Bangga Kencana”, agar terpenuhinya capaian penurunan angka kelahiran total (Total Fertility Rate). Meningkatkan pemakaian kontrasepsi (Contraceptive Prevelance Rate), dan menurunkan kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi (Unmeet Need) pada akhir tahun 2023.

Baca Juga:  PTSL-PM, Wujud Pemerintah Menjamin Kepastian dan Perlindungan Hukum atas Kepemilikan Tanah

Progam Bangga Kencana sendiri merupakan akronim dari pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana yang menjadi salah satu program unggulan dari BKKBN. Bangga Kencana menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Penyerahan sepeda motor berjenis matic tersebut bertujuan sebagai sarana antar jemput calon Akseptor atau Akseptor. Serta pendampingan keluarga stunting bagi petugas program Bangga Kencana di lini lapangan.

Selain itu, hibah sepeda motor tersebut juga, bertujuan untuk meningkatkan mobilitas dan daya jangkau dalam melaksanakan tugas sebagai petugas program Bangga Kencana dan penurunan Stunting.

Dalam pesannya, Acep menyerukan agar para penyuluh KB dan petugas lapangan KB dapat mempergunakan fasilitas negara ini dengan baik dan tidak disalahgunakan.

“Saya titip untuk dirawat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencapai target kinerja yang telah ditentukan,” ungkap Acep.

Pada kesempatan yang sama Acep juga mengucapkan selamat memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas), dimana pelaksanaan tingkat Provinsi Jawa Barat telah dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran pada hari Rabu yang lalu.

Baca Juga:  Karang Taruna Desa Dukuhmaja Dikukuhkan, Kades: Siap Membina

Dengan tema menuju keluarga bebas stunting untuk Indonesia maju. Kita jadikan peringatan Harganas ini, menjadi momentum untuk memotivasi kita semua, untuk semakin menguatkan ketahanan keluarga kita masing-masing.

“Melalui tema tersebut juga, bisa menjadi sebagai bentuk ajakan bagi seluruh unsur masyarakat untuk peduli dan bergotong royong membantu keluarga beresiko stunting agar terbebas dari stunting,” harap Acep.

Pada kegiatan tersebut juga diumumkan tentang prestasi yang diraih DPPKBP3A pada Peringatan Harganas 2023, yaitu juara pertama hasil pelayanan KB pasca persalinan berdasarkan New Siga, juara kedua KB MKJP pada momentum Pelayanan Sejuta Akseptor (PSA), dan juara ketiga kreasi menu Dahsat (Dapur Sehat atas Stunting), yang diwakili Tim Kampung KB Nusalugina Desa Nusaherang.

Cek Juga

Wujudkan Ketahanan Pangan, Diskatan Gelar Tanam dan Panen Raya Padi Serentak di Cigarukgak

Wujudkan Ketahanan Pangan, Diskatan Gelar Tanam dan Panen Raya Padi Serentak di Cigarukgak

SiwinduMedia.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Diskatan) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Gerakan Tanam dan …