Tidak Pakai APBD, Festival Ramadhan dan Bazar UMKM Diskopdagperin di Foodcourt Tamkot Kuningan Berjalan Sukses
Penerima premi gratis BPJS Ketenagakerjaan dari sejumlah pelaku UMKM Kuningan, foto bersama Bupati dan jajaran Diskopdagperin, dalam penutupan Festival Ramadhan dan Bazar UMUM yang digelar Diskopdagperin di Pelataran Foodcourt, Tamkot Kuningan, Minggu sore (15/4/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Tidak Pakai APBD, Festival Ramadhan dan Bazar UMKM Diskopdagperin di Foodcourt Tamkot Kuningan Berjalan Sukses

SiwinduMedia.com – Tanpa sedikitpun menggunakan APBD Kuningan, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kuningan sukses menggelar Festival Ramadhan dan Bazar UMKM, yang dilaksanakan di pelataran parkir Foodcourt Tamkot Kuningan.

Minggu sore (16/4/2023), kegiatan ini resmi ditutup langsung oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH. Kegiatan tersebut diketahui seluruhnya didanai oleh 20 mitra Diskopdagperin, terdiri dari BUMN, BUMD, pihak swasta dan organisasi.

Dengan konsep heksa helix ini, para sponsor telah memfasilitasi 25 Komunitas UMKM se-Kabupaten Kuningan, untuk mengenalkan produk-produknya kepada masyarakat. Acara digelar 10-16 April 2023.

Hadir pada penutupan tersebut, Kepala Dinas Diskopdagperin Uu Kusmana SSos MSi, Nining Nuraeni selaku Kabid Pelayanan mewakili Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon, Plt Camat Kuningan Toni Kusumanto AP MSi, Kepala Kantor Kelurahan Kuningan, Para Komunitas UMKM se-Kabupaten Kuningan, dan pelaku UMKM.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Asep Tomi SE, menjelaskan, selama sepekan berlalu kegiatan Bazar UMKM dan Pasar Murah telah menorehkan total transaksi sebesar Rp254.352.500. Selain itu, pada kegiatan ini telah dilakukan pemberian santunan kepada 50 anak yatim, pemberian bingkisan sembako kepada 25 petugas parkir dan pengelola Tamkot, dan pemberian premi gratis BPJS Ketenagakerjaan kepada pelaku usaha.

Baca Juga:  Dandim Tinjau Lokasi Pasca Longsor di Desa Situgede

Selain itu, acara juga diisi dengan pelayanan publik dari Disdukcapil dan Diskopdagperin, perlombaan karaoke lagu religi dengan total hadiah Rp5 juta, serta banyak kegiatan lainnya.

Bupati Acep Purnama menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana, peserta, dan semua pihak yang telah terlibat dalam kesuksesan acara pekan festival Ramadhan dan Bazar UMKM 2023 tersebut.

“Acara ini menunjukkan semangat gotong royong dan kebersamaan kita dalam membangun Kuningan yang lebih maju dan berkembang. Kegiatan ini juga memperkuat persatuan dan kesatuan antara masyarakat Kuningan, terutama pada Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Acep menuturkan, kegiatan ini sangat penting dalam memperkenalkan potensi-potensi UMKM yang ada di Kuningan, kepada masyarakat luas. Dalam acara ini, dapat dilihat betapa banyaknya produk UMKM asal Kabupaten Kuningan yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi.

“Diharapkan, acara ini dapat menjadi ajang yang tepat bagi UMKM untuk memperluas jaringan pemasaran dan mengembangkan usaha mereka,” tandas Acep.

Baca Juga:  Sambil Bawa “Si Bungsu”, Ketua LKKS Kuningan Bagi-bagi Paket Sembako untuk 100 Anak Yatim

Ikut menambahkan, Kepala Diskopdagperin Kuningan Uu Kusmana. Ia kembali menegaskan kegiatan tersebut sama sekali tidak menggunakan APBD Kuningan. Ia memastikan seluruhnya kegiatan ditopang dan didukung penuh oleh para sponsor yang digandengnya selama ini, baik BUMN, BUMD, pihak swasta, dan organisasi.

Cek Juga

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

SiwinduMedia.com – Sesuai dengan amanat pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, mengenai keteraturan database pengurus …