Ilustrasi buah Kurma. FOTO : Halodoc.com
Ilustrasi buah Kurma. FOTO : Halodoc.com

Inilah 5 Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa

SiwinduMedia.Com – Menunggu waktu berbuka puasa adalah saat yang sangat dinanti, setelah kita menahan lapar dan haus seharian, dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.

Saat hendak berbuka puasa pada bulan Ramadhan, terkadang kita merasa kebingungan apa makanan pertama setelah minum yang jadi pembuka sebelum makanan pokok, nasi. Bagi yang memahami manfaatnya, buah kurma jelas menjadi pilihan untuk makanan pembuka minum sebagai pembatal puasa.

Kurma merupakan buah istimewa asal tanah Arab yang dikenal kaya akan nutrisi manfaatnya. Banyak yang merekomendasikan untuk kita memakan buah kurma, saat berbuka puasa.

Sebenarnya cukup banyak manfaat memakan kurma saat berbuka puasa. Hanya saja kami memilih 5 manfaat saja yang didapatkan dari memakan buah kurma saat berbuka puasa.

Seperti yang kami lansir dari Halodoc.com, kelima manfaat kurma tersebut, yaitu:

1. Mencegah Konstipasi atau Sembelit saat Berpuasa

Saat berpuasa kamu tidak mengonsumsi air maupun makanan selama satu hari. Hal ini bisa memicu dehidrasi yang dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit. Sebaiknya hindari konstipasi dengan memenuhi kebutuhan cairan saat berbuka dan sahur. Kamu juga bisa mengonsumsi buah kurma sebagai pencegahan konstipasi.

Baca Juga:  Rutinitas PSNU Pagar Nusa Ranting Winduhaji, Berbagi Takjil di Bulan Suci

Buah kurma memiliki kandungan serat tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi beberapa butir buah kurma saat berbuka puasa. Kamu juga bisa mengonsumsi buah kurma saat sahur agar kondisi kesehatan pencernaan tetap terjaga dengan baik.

2. Menjaga Kesehatan Otak, Sehingga Lebih Fokus saat Beraktivitas

Mengonsumsi buah kurma secara rutin mampu meningkatkan fungsi otak kamu. Menurut penelitian dalam jurnal Neural Regeneration Research, kandungan antioksidan dalam otak memberikan perlindungan terhadap peradangan dan stres oksidatif pada otak. Tentunya, hal ini dapat membantu kamu menjaga kesehatan otak sehingga kamu lebih fokus saat beraktivitas ketika menjalani ibadah puasa.

3. Menjaga Kadar Gula Darah ketika Berpuasa

Pada saat berpuasa, tubuh akan menggunakan gula yang disimpan dalam hati dan otot untuk menghasilkan energi. Hal ini menyebabkan kamu akan lebih rentan mengalami penurunan kadar gula darah ketika berpuasa.

Untuk mengembalikan kadar gula menjadi normal, kamu bisa mengonsumsi buah kurma yang memiliki kandungan manis alami. Hal ini disebabkan kurma memiliki kandungan fruktosa di dalamnya.

Baca Juga:  Pertalite Tahun 2024 Bakal Dihapus, BBM Jenis ini jadi Gantinya

4. Menambah Energi saat Berpuasa

Kandungan kalori dan fruktosa dalam buah kurma membuat kamu menjadi lebih berenergi saat menjalankan ibadah puasa. Bukan hanya itu, kandungan serat pada buah kurma juga bisa membantu kamu merasakan kenyang, sehingga sangat baik dikonsumsi saat berbuka maupun sahur.

5. Mencegah Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa

Mengonsumsi buah kurma saat berbuka akan mencegah kamu mengonsumsi makan berlebihan karena bisa membuat kamu merasa kenyang. Setelah satu hari berpuasa sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan saat berbuka, hal ini bisa memicu perut tidak nyaman atau perut kembung.

Demikian 5 manfaat memakan kurma saat berbuka puasa. Semoga bisa bermanfaat dan mendapat keberkahan di bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah ini.

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …