Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air
Pj Bupati Kuningan, Iip Hidajat menyerahkan bantuan pompa air secara simbolis kepada 10 kelompok tani pada penyelenggaraan apel pagi di lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan, Senin (06/05/2024). (Foto: Ist)

Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air

SiwinduMedia.com – Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam upaya peningkatan produksi nasional. Memberikan bantuan pompanisasi kepada 123 kelompok tani, di 76 Desa yang tersebar di 32 Kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

Hal ini juga sebagai langkah antisipatif, menghadapi musim kemarau dan el nino sehingga stok ketersediaan pangan, utamanya padi tetap terjaga.

Pj Bupati Kuningan, Iip Hidajat menyerahkan bantuan ini secara simbolis kepada 10 kelompok tani pada penyelenggaraan apel pagi di lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan, Senin (06/05/2024).

Melalui bantuan pompanisasi ini, diharapkan mampu memberikan dampak yang positif terhadap perluasan areal tanam dan meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) terhadap peningkatan produktivitas.

Poin penting dari bantuan pompanisasi ini yang harus diperhatikan adalah memastikan sumber air permukaan (sungai, waduk, embung, kolam dan lainnya) yang dapat di pompa, lokasi diprioritaskan pada sawah tadah hujan.

“Mohon agar pompa dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dijaga, dilarang diperjualbelikan dan laporkan penggunaan secara berjenjang,” pesan Iip kepada penerima manfaat.

Iip menyebutkan, bahwa Kabupaten Kuningan memiliki lahan sawah tadah hujan yang dekat dengan sumber mata air seluas 3.816 hektar yang berpotensi untuk kegiatan pompanisasi.

Baca Juga:  Kreatif, Warga Jalaksana Arak-arakan Kendaraan Hias HUT Kemerdekaan RI ke-78

“Potensi ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap  peningkatan produksi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan atau ketersediaan pangan bagi masyarakat Kuningan bahkan dapat surplus pangan,” ujar Iip.

Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan optimal, Kementerian Pertanian telah bekerja sama dengan TNI dan POLRI melalui penandatanganan kerja sama, yang ditindaklanjuti sampai tingkat Kabupaten/Kota secara serentak di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat.

Untuk melakukan pendampingan dan pengawalan bersama-sama percepatan perluasan areal tanam dan pompanisasi.

Dengan pendampingan ini menurut Iip, bisa diharapkan dapat mendorong dan memotivasi para petani untuk terus melakukan percepatan tanam.

“Dan paling penting adalah bagaimana pola pembinaan dan pendampingan dari para penyuluh, sebagai garda terdepan mitra para petani. Sehingga penggunaan pompa ini berjalan efektif dan dapat mencapai target atau sasaran, yang telah ditetapkan oleh Kabupaten Kuningan sehingga swasembada pangan,” harapnya.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …