Berburu Keberkahan, Karang Taruna Desa Silebu Sajikan Kampung Ramadhan
Pengguntingan pita gapura selamat datang oleh Pj Bupati, sebagai tanda dibukanya Kampung Ramadhan VII di Desa Silebu Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan. (Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com)

Berburu Keberkahan, Karang Taruna Desa Silebu Sajikan Kampung Ramadhan

SiwinduMedia.com – Sudah menjadi agenda rutin setiap tahun saat memasuki bulan Suci Ramadhan, Karang Taruna Nirwana Desa Silebu Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan selalu menggelar Gebyar Ramadhan. Untuk tahun 2024 ini, Karang Taruna Nirwana menggelar Kampung Ramadhan ke-7 selama sebulan penuh di Alun-alun Desa setempat.

Acara yang begitu meriah ini, telah dibuka oleh Pj Bupati Kuningan Dr Drs Raden Iip Hidajat MPd, Sabtu (16/3/2024). Hadir mendampingi Pj Bupati, Kepala Dinas Sosial Dr H Toto Toharudin MPd, Kabid SMP Disdikbud Kuningan Abidin SPd MSi, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Mumuh Muhyiddin SH, Ketua Karang Taruna Kecamatan Pancalang Dadan, Camat Pancalang Jujun Hendria SSTP MSi, serta perwakilan Polsek dan Koramil setempat.

Tampak pula menyambut rombongan dari Kabupaten, Kepala Desa Silebu Asep Yusuf Hamdani SSos beserta jajaran Pemerintahan Desa Silebu, tokoh masyarakat dan juga Ketua Karang Taruna Nirwana Desa Silebu Albiansyah dan jajaran pengurus. Disamping itu juga hadir Ketua Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wilayah Cirebon dan juga Ketua KMK Bandung Raya.

Baca Juga:  Ratusan Prajurit TNI Kodim Kuningan Digembleng Penyuluhan Hukum

Pembukaan diawali dengan do’a / Tahlil bersama di Makbaroh sesepuh Desa Silebu. Pj Bupati beserta rombongan dan tamu undangan selama satu jam lebih ikut berdo’a untuk keberkahan bersama, terlebih ziaroh tersebut dilaksanakan pada bulan Suci Ramadhan.

Dalam kegiatan bertema “Bulan Suci sebagai momentum silaturahmi, kolaborasi dan pemberdayaan pelaku ekonomi” tersebut, Pj Bupati Iip Hidajat berpesan agar acara tersebut terus rutin dilakukan, terlebih dimotori oleh anak-anak muda Karang Taruna yang didukung penuh pihak Pemdes dan tokoh masyarakat setempat. Dengan adanya kegiatan kampung Ramadhan, kata Iip, bersama melakukan syiar Islam untuk saling menguatkan, mempererat tali silaturahmi dan mengisi bulan suci Ramadhan dengan kebaikan dan amal saleh.

“Kenapa Kampung Ramadhan?, karena kita harus mengenang dan mengenal. Meregenerasikan kepada adik-adik kita dan anak-anak kita bahwa keagamaan di Desa Silebu ini sudah kuat,” pesan Iip.

Iip kembali mengajak semua yang hadir untuk mempertahankan dan terus memperkuat tradisi di Desa Silebu, sehingga kegiatan ini bisa menjadikan sebuah kemaslahatan.

Baca Juga:  Jalan Santai dan Sepeda Santai Berhadiah, Cara Sosialisasi Pemilu 2024 Ala PPK Jalaksana

“Nu jauh urang deukeutkeun, nu dekeut urang layeutkeun, nu layeut urang paheutkeun, geus paheut urang silih wangikeun (Yang jauh kita dekatkan, yang dekat kita akrabkan, sudah akrab kita saling harumkan, red). Silih wangikeun itu kekeluargaan dan kebersamaan,” ajaknya lagi.

Terakhir, Iip Hidajat menyampaikan kekagumannya bahwa kekeluargaan dan kebersamaan itu sudah dilakukan di Desa Silebu dengan Kampung Ramadhan setiap tahunnya, yang diisi oleh kegiatan keagamaan dan perekonomiannya. “ini sangat luar biasa,” pungkas Iip.

Kegiatan dilanjut dengan pengguntingan pita gapura selamat datang di Kampung Ramadhan VII oleh Pj Bupati disaksikan oleh para tamu undangan. Kemudian rombongan berkeliling melihat para pedagang UMKM yang sedang berjualan di alun-alun Desa Silebu, dan diakhiri dengan buka puasa bersama di kediaman Kepala Desa setempat.

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …