DPC Pertuni Kuningan Resmi Dilantik, Budi Hidayah : Pemkab Peduli kepada Disabilitas
Pj Bupati Kuningan HR Iip Hidajat, melantik dan mengukuhkan DPC Pertuni Kabupaten Kuningan Periode 2023-2028, di Aula Kelurahan Cigugur, Sabtu (10/2/2024). Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com

DPC Pertuni Kuningan Resmi Dilantik, Budi Hidayah : Pemkab Peduli kepada Disabilitas

SiwinduMedia.com – Pj Bupati Kuningan Dr Drs H Raden Iip Hidajat MPd, resmi melantik dan mengukuhkan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Kuningan Periode 2023-2028. Acara dilaksanakan di Aula Kelurahan Cigugur Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Sabtu (10/2/2024).

Pelantikan disaksikan Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan Dr Elon Carlan MMPd yang juga Pembina DPC Pertuni Kuningan, sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Anggota KPU Kabupaten Kuningan, Forkopimcam Cigugur, perwakilan Karang Taruna Kabupaten Kuningan, dan undangan lainnya.

“Semangat Berkarya dalam Upaya Peningkatan Bagi Disabilitas Netra di Era Milenial” menjadi tajuk tema yang diusung dalam gelaran Pelantikan DPC Pertuni Kabupaten Kuningan. Dalam waktu bersamaan, diselenggarakan juga HUT Pertuni ke-58, Hari Braille, Seminar Kebangsaan, dan Sosialisasi Pemilu.

Ketua DPC Pertuni Kabupaten Kuningan, Budi Hidayah, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Kuningan beserta seluruh kepala SKPD ataupun yang mewakili yang telah hadir dalam acara tersebut. Hal itu menurut Budi, menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Kuningan begitu peduli kepada kaum disabilitas.

Baca Juga:  Sapa Penyandang Disabilitas, Fraksi PKS DPRD Kuningan Sambangi RSQ Majelis Nurul Qolbi

“Semoga dengan momentum ini bisa menjadikan awal hubungan yang baik, sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dengan DPC Pertuni Kabupaten Kuningan,” ucap Budi yang juga pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan itu.

Sementara itu, Pj Bupati Kuningan Dr Drs H Raden Iip Hidajat MPd, dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan DPC Pertuni Kabupaten Kuningan Periode 2023-2028. Melalui kepengurusan saat ini, Iip sangat berharap DPC Pertuni Kuningan dapat membawa visi seutuhnya, yakni terwujudnya masyarakat inklusif.

“Semoga dapat membawa Visi Pertuni yang seutuhnya, dimana tunanetra dapat berpartisipasi penuh dalam berbagai aspek kehidupan dan penghidupan bersama anggota masyarakat pada umumnya atas dasar kesetaraan,” harap Iip.

Pemerintah Kabupaten Kuningan, lanjut Iip, memberikan kesempatan yang sama kepada siapapun, tidak memandang latar belakang dan organisasi apapun, selama semuanya itu bisa berkontribusi terhadap Negara.

“Saya tekankan bahwa setiap dari kita memiliki masing-masing hak yang sama di hadapan Negara. Maka, apabila DPC Pertuni Kabupaten Kuningan butuh kegiatan atau program kerja yang akan dilaksanakan, dapat disinergikan dengan SKPD yang ada. Kita perlu komunikasi yang lebih intens, perlu kolaborasi yang semakin kuat. Mari kita bangun Kuningan menjadi lebih baik atas peran dan kontribusi saudara sekalian apapun profesinya,” ajak Iip.

Baca Juga:  Sapa Penyandang Disabilitas, Fraksi PKS DPRD Kuningan Sambangi RSQ Majelis Nurul Qolbi

Lebih lanjut Iip yang juga Kepala Badan Kesbang Pol Provinsi Jawa Barat ini mengimbau terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan, untuk bersama-sama menyukseskannya dengan baik dan lancar. Ia juga meminta kepada KPU Kuningan yang kebetulan hadir pada kesempatan tersebut, agar dapat menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan oleh para penyandang disabilitas.

“Apabila memungkinkan, agar para penyandang disabilitas diberi perlakuan khusus, seperti didahulukan pada saat pemungutan suara. Setiap warga negara memiliki hak suara yang menentukan arah dan nasib bangsa ini di masa depan,” pintanya.

Di akhir sambutannya, Iip menyampaikan selamat melaksanakan kegiatan kepada DPC Pertuni Kuningan yang baru dilantik, baik pada penyelenggaraan wawasan kebangsaan berupa implementasi bela negara bagi penyandang disabilitas oleh Kesbangpol Kuningan atau kegiatan sosialisasi Pemilu bagi disabilitas oleh KPU Kabupaten Kuningan.

“Selamat mendengarkan, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi saudara-saudara sekalian,” pungkasnya.

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …