Rumahnya Ambruk Akibat Hujan Lebat, Wawan Mendapat Bantuan dari BPBD Kuningan
Kepala BPBD Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar MSi, saat melihat kondisi rumah Wawan yang ambruk di Dusun Pahing RT 02 RW 03, Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, Kamis (25/1/2024). (Foto: Ist)

Rumahnya Ambruk Akibat Hujan Lebat, Wawan Mendapat Bantuan dari BPBD Kuningan 

SiwinduMedia.com – Hujan lebat yang diiringi angin kencang dan sambaran petir, pada hari Rabu (17/1/2024), sekitar pukul 12.00 WIB yang terjadi di Dusun Pahing RT 02 RW 03, Desa Susukan, Kecamatan Cipicung.

Telah mengakibatkan rumah Wawan (55 tahun), mengalami ambruk. Seluruh barang dan perabotan rumah tangga yang berada didalamnya rusak.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Camat Cipicung, Deni Hamdani SE KP MSi dari laporan Kepala Desa setempat. Pemerintah Kabupaten Kuningan, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan bantuan kepada warga Desa Susukan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Sekda Kuningan, yang juga Kepala BPBD Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar MSi. Saat melakukan kunjungan, sebagai bentuk respon terhadap kebencanaan, Kamis (25/1/2024).

Menurutnya, upaya penanganan darurat telah dilakukan oleh Aparat Desa yang berkoordinasi dengan Aparat Kecamatan, TNI, POLRI, dan BPBD Kabupaten Kuningan. BPBD Kabupaten Kuningan telah menurunkan tim assessment dan bantuan logistik. Masyarakat setempat, turut serta dalam kegiatan pembersihan material rumah yang ambruk.

Baca Juga:  Pemkab Kuningan Rilis Logo Peringatan Hari Jadi ke-525

“Kunjungan ini dilakukan sesuai amanat Pj Bupati Kuningan, untuk melakukan fast response terhadap kejadian kebencanaan sekaligus memberikan bantuan,” kata Dian.

Bantuan sementara untuk rumah Wawan ini, yakni 10 sak semen, selanjutnya bantuan menyusul berupa pasir, batu split, genting, dan bantuan stimulan program lainnya guna pembanguan rumah. Bantuan juga akan diberikan kepada titik bencana di wilayah lain.

Kepala BPBD yang didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu S.STP MSi, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintahan Desa, masyarakat, tokoh masyarakat dan pihak lainnya atas empati dan simpati yang diberikan.

Kebersamaan ini kata Dian, merupakan bentuk kepedulian sosial bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan. Kepala BPBD juga memberikan himbauan kepada masyarakat, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Bahwa dari Bulan Desember 2023 hingga Februari 2024, perlu dilakukan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca, curah hujan, dan angin kencang. Untuk itu pentingnya kewaspadaan, bagi wilayah Kuningan Selatan dan Timur yang rawan terjadi bencana longsor,” pesannya.

Baca Juga:  Fraksi PDIP Minta Rekomendasi Pansus LKPj Bupati TA 2022 Tak Dibacakan, Fraksi PKS Meradang

Dalam menjaga kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana, diharapkan Camat, Lurah, dan Kepala Desa dapat menyampaikan informasi ini kepada masyarakat.

“Mari bersama-sama berdo’a, agar Kuningan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari segala bencana. Sebagai bentuk ikhtiar, mari kita jaga lingkungan dan alam ini untuk keberlanjutan,” ajak Dian.

Sementara itu Kepala Desa Cipicung, Toto yang didampingi langsung oleh Wawan, menyampaikan terima kasih atas respon cepat dari Pemerintah Daerah yang telah melakukan kunjungan langsung dan memberikan bantuan.

“Kepala BPBD Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar MSi. Saat melakukan kunjungan, sebagai bentuk respon terhadap kebencanaan, Kamis (25/1/2024).Mudah-mudahan bantuan tersebut akan mempercepat proses pembangunan kembali rumah yang mengalami kerusakan,” harap Toto.

 

 

Cek Juga

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

Belum Sadarkan Diri, Keluarga Minta Bantuan Doa untuk Kesembuhan Acep Purnama

SiwinduMedia.com – Kondisi mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH hingga kini masih dalam …