UPT Damkar Kuningan Evakuasi Kukang Jawa yang Terperangkap di Gardu Listrik
Anggota Damkar yang sedang mengevaluasi Kukang jawa di Desa Darma. Kamis, (7/9/2023) malam. Foto: IST

UPT Damkar Kuningan Evakuasi Kukang Jawa yang Terperangkap di Gardu Listrik

Siwindumedia.com – Seekor Kukang Jawa (Nycticebus Javanicus) berhasil dievakuasi UPT Damkar Kuningan di Dusun Ciook Rt19/Rw03, Desa Darma, Kecamatan Darma, Kuningan, pada Kamis (7/9/2023) malam.

Melansir dari laman ksdae.menlhk.go.id, Kukang merupakan jenis hewan primata yang masuk dalam daftar 25 primata terancam punah di dunia.

Spesies ini juga merupakan spesies yang dilindungi melalui Undang-undang No. 5 Tahun 1990 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P. 106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa dilindungi.

Hewan tersebut pertama kali ditemukan oleh Alwan Maulana (23), dengan kronologi sekitar pukul 22.00 WIB, saat ia sedang nongkrong bersama rekannya. Pada saat itu, terjadi mati lampu sebanyak 3 kali kemudian terdengar suara letupan dari arah gardu listrik hingga mengakibatkan listrik mati total.

Karena dikhawatirkan dapat mengakibatkan kebakaran, salah seorang warga melaporkan langsung ke pihak PLN Cikijing. Saat gardu listrik diperiksa oleh petugas PLN, betapa terkejutnya petugas melihat seekor Kukang Jawa terperangkap disana.

Karena tidak ada yang berani menangkap hewan tersebut, akhirnya Alwan melaporkan kejadian ini ke UPT Damkar Kuningan untuk meminta bantuan evakuasi Kukang.

Saat tiba di lokasi, agar tidak membahayakan warga sekitar, anggota Damkar langsung mengevakuasi hewan tersebut.

“Untuk sementara waktu, Kukang dirawat di Kantor Damkar Kuningan dan akan kembali dilepas liarkan ke tempat yang lebih aman/ke habitat aslinya dalam beberapa hari kedepan,” kata Khadafi Mufti Kepala Damkar Kuningan.

Cek Juga

Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air

Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air

SiwinduMedia.com – Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam upaya peningkatan produksi nasional. Memberikan bantuan pompanisasi kepada …