Meriahkan Harjad Kuningan, Warga Karang Anyar Cilaja Ngubek Balong
Meriahkan Hari Jadi Kuningan, Warga Karang Anyar Cilaja Ngubek Balong. Sabtu, (2/9/2023). Foto : Fikron Lutfi Arif/Siwindumedia.com

Meriahkan Harjad Kuningan, Warga Karang Anyar Cilaja Ngubek Balong

SiwinduMedia.com – Guna meriahkan HUT RI ke-78 sekaligus Hari Jadi Kuningan ke-525, ratusan warga Dusun Wage Desa Cilaja, Kecamatan Kramatmulya berebut ikan di kolam dengan tangan kosong atau ‘Ngubek balong’, Sabtu (2/9/2023). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Pemudi Karanganyar (IIPK).

Yusuf Hisyam, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu (1-2/9/2022). Tak hanya ngubek balong, pada momentum tersebut, kata Yusuf, warga Dusun wage (Blok Karang Anyar) mengadakan perlombaan Agustusan dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, seperti balap karung, joget bola, makan krupuk, masukan benang ke lubang jarum dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Menurut Hisyam, puncak agenda rangkaian kegiatan HUT RI dan Harjad Kuningan tahun ini, yakni dengan menggelar jalan santai yang akan diselenggarakan Minggu pagi (3/9/2023).

“Minggu paginya jalan santai yang dimulai dari panggung utama di lapangan bola Desa Cilaja muter ke Bojong, terus balik lagi ke lapangan bola,” ujarnya.

Sementara itu, Septian, Kepala Dusun Wage Desa Cilaja, mengungkapkan bahwa kegiatan yang saat ini sedang digelar sudah menjadi agenda rutin tahunan untuk masyarakat Dusun Wage.

“Ya intinya ajang untuk silaturahmi,” ujar Kadus Septian.

Di sisi lain, terselip secerca harapan Kadus Wage tersebut dalam kegiatan kemasyarakatan ini, tentunya Ia ingin membawa warga masyarakatnya untuk tetap guyub dan kompak.

“Harapan dari saya ke depannya, semoga masyarakat Dusun Wage tetap bisa menjaga kekompakan dan kegotongroyongan,” harap Septian.

Cek Juga

Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air

Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air

SiwinduMedia.com – Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam upaya peningkatan produksi nasional. Memberikan bantuan pompanisasi kepada …