Peringati hari HUT ke -78 RI Bawaslu Kabupaten Kuningan gelar Apel Siaga Pengawasan dan Gebyar Jalan Sehat bersama Panwaslu Kecamatan, Pengawas Kelurahan Desa se-Kabupaten Kuningan/Foto:SiwinduMedia.com
Peringati hari HUT ke -78 RI Bawaslu Kabupaten Kuningan gelar Apel Siaga Pengawasan dan Gebyar Jalan Sehat bersama Panwaslu Kecamatan, Pengawas Kelurahan Desa se-Kabupaten Kuningan/Foto:SiwinduMedia.com

Ajak Badan Ad Hoc Kecamatan dan Desa, Bawaslu Kuningan Peringati HUT RI ke-78

SiwinduMedia.com– Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuningan menggelar Apel Siaga Pengawasan dan Gebyar Jalan Sehat bersama Panwaslu Kecamatan, Pengawas Kelurahan Desa se-Kabupaten Kuningan yang diikuti oleh ratusan pengawas.

Kegiatan ini sekaligus juga memperingati HUT ke-78 RI dan HUT Bawaslu Kabupaten Kuningan, berlangsung di Terminal Tipe A Kertawangunan, Minggu (13/8/2023).

Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar menjelaskan, Bawaslu Kuningan yakin akan bersikap adil. Salah satu tugasnya adalah melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran Pemilu dan sengketa proses Pemilu, serta mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan Pemilu.

“Bawaslu juga memiliki wewenang untuk menerima dan menindaklanjuti laporan yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang Pemilu. Dengan komitmen menciptakan keadilan pada proses demokrasi, didukung dengan semangat kekeluargaan, seperti melalui Apel Pagi dan Jalan santai, Bawaslu Kuningan akan lebih solid dalam melakukan pencegahan dan pengawasan terhadap pelanggaran Pemilu,” ungkapnya.

Sekda Dian berharap pada Pemilu 2024 mendatang, tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Kuningan dapat lebih meningkat lagi, dan pentingnya keterlibatan seluruh komponen untuk saling mendukung dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya partisipasi pemilih. Ini harus kita maksimalkan, bagaimana partisipasi pemilih di Pemilu mendatang bisa mencapai 90 persen.

Baca Juga:  Penjelasan KCIC Soal Banyaknya TKA Cina Di Proyek KCJB

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan, menjelaskan, Apel siaga ini bertujuan untuk memberi pesan kepada publik bahwa Bawaslu, Panwascam, dan Panwas Kelurahan dan Desa (PKD) telah siap untuk melakukan proses pengawasan seluruh tahapan pemilu. Dalam proses pengawasan, Bawaslu juga tetap menjunjung tinggi integritas dan kejujuran.

“Sementara Jalan Sehat, selain untuk menjaga kesehatan, juga media membangun keakraban dan kekeluargaan di antara kami. Sehingga dalam menjalankan tugas ke bawasluan yang dihadiri 32 Panwascam dan Panwas Kelurahan/Desa, semuanya bisa memahami akan peran dan tugasnya dalam pelaksanaan Pemilu dengan semangat kebersamaan,” jelas Ketua Bawaslu.

Kecerian terlihat pada para pengawas Pemilu saat pelepasan jalan santai oleh sekda Kuningan dan jajaran Komisioner Bawaslu Kuningan, para peserta menempuh jarak Jalan Santai sekitar 3 km dengan start dari Terminal Tipe A Kertawangunan-Kaduagung-Sindangsari-finish kembali ke terminal.

Panitia juga menyediakan Doorprize seperti Kulkas, Sepeda, Listrik. Dan pemberian hadiah untuk lomba Bola Voli, Futsal, Badminton, Catur. Serta ada lomba tumpeng tiap kecamatan

Baca Juga:  Hendak Mancing, Warga Temukan 2 Jasad Manusia Mengapung di Sungai Cisanggarung

Cek Juga

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengeluarkan surat tugas …