Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun 2023 Kodim 0615/Kuningan di Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang/Foto: Iwan Setiawan/ SiwinduMedia.com
Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun 2023 Kodim 0615/Kuningan di Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang/Foto: Iwan Setiawan/ SiwinduMedia.com

TMMD ke-117 Tahun 2023 Kodim 0615/Kuningan Resmi Ditutup

SiwinduMedia.com – Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun 2023 Kodim 0615/Kuningan di Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang, akhirnya resmi ditutup, Kamis (10/8/2023).

Upacara penutupan dipimpin langsung Kasgartap II/Bandung, Marsma TNI Yudi Bustami. Turut hadir Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Andi Asmara Dewa, Bupati Kuningan H Acep Purnama, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan H Dian Rachmat Yanuar, Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan, Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, para Dandim wilayah Korem 063/SGJ, Forkopimda Kabupaten Kuningan, jajaran SKPD, para pejabat Kodam III/SLW, jajaran Korem 063/SGJ, dan para undangan lainnya.

Kasgartap II/Bandung, Marsma TNI Yudi Bustami, saat membacakan amanat Pangdam III/SLW Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, S.IP. Ia menyampaikan, bahwa program TMMD merupakan program lintas sektoral untuk membantu mempercepat pembangunan disuatu daerah terutama di daerah pinggiran yang masih minim infrastruktur dan sulit dijangkau.

Disinilah TNI hadir guna membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Pemda maupun masyarakat, terkait dengan upaya peningkatan kesejahteraan melalui pembangunan infrastruktur dan sarana yang dibutuhkan masyarakat, baik fisik maupun non fisik untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Baca Juga:  Mau Tahu Besaran Zakat Fitrah 2024? Ini Dia Bocorannya 

Selain itu, TMMD juga menjadi sarana terbaik bagi TNI untuk memantapkan kemanunggalan dengan rakyat dan mendedikasikan pengabdian terbaiknya dalam membangun NKRI demi kepentingan rakyat. Sebagaimana juga terkandung dalam tema TMMD, yaitu “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat.”

“Saya mengajak Pemerintah Daerah beserta seluruh komponen masyarakat untuk terus bekerjasama dan bergotong-royong membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara merata, sehingga terwujud ketahanan wilayah dan tegaknya kedaulatan NKRI,” ungkapnya.

Ia berharap kehadiran prajurit TNI di tengah-tengah masyarakat selama melaksanakan program TMMD dapat memberikan energi positif untuk lebih bersemangat membangun desa meraih kesejahteraan hakiki dalam berbagai aspek, baik fisik maupun non fisik.

“Berbagai fasilitas fisik yang telah dibangun pada TMMD Ke-117 agar dipelihara dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat, sekaligus dijadikan motivasi untuk melakukan pembangunan fasilitas lainnya secara mandiri dan berkesinambungan,” ujarnya.

Pangdam Ill/Siliwangi selaku Pengendali Kegiatan Operasi (PKO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati, Walikota, instansi Kementerian atau Lembaga terkait, Polri dan unsur Forkopimda serta secara khusus kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah melalui program TMMD Ke-117, yaitu di Kab. Sukabumi, Kab. Bandung Barat, Kab. Kuningan Provinsi Jawa Barat dan Kab. Pandeglang Provinsi Banten.

Baca Juga:  Kapan Musim Kemarau di Indonesia Berakhir? Ini Prediksi BMKG

“Jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi masyarakat. Karena TNI lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat,” ungkapnya.

Ia juga berharap, proyek yang telah selesai ini nantinya dapat dipantau dan dipelihara. “Apa yang telah dilaksanakan dalam TMMD ini, saya berharap dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan pembagian sembako dan peninjauan langsung ke lokasi TMMD.

Cek Juga

Berkunjung ke Kuningan, BI Dorong Pengembangan Budidaya Melon Berteknologi e-Quanik

Berkunjung ke Kuningan, BI Dorong Pengembangan Budidaya Melon Berteknologi e-Quanik

SiwinduMedia.com – Pejabat Bank Indonesia (BI) Perwakilan Wilayah Cirebon, mengunjungi lokasi budidaya Melon Hidroponik dengan …