Ramadhan Berbagi Ratusan Paket Sembako Bersama Yayasan Baraya Dalapan Lima
Pengurus Yayasan Baraya Dalapan Lima, foto bersama usai menyebarkan ratusan paket sembako Ramadhan, Minggu (7/4/2024). Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com

Ramadhan Berbagi Ratusan Paket Sembako Bersama Yayasan Baraya Dalapan Lima

SiwinduMedia.com – Moment yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan sekaligus jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dimanfatkan sebagian orang maupun komunitas untuk memperoleh keberkahan dengan membantu sesama. Salah satunya yang dilakukan Yayasan Baraya Dalapan Lima.

Seperti tahun sebelumnya, kegiatan rutin untuk tahun ini mengambil tema “Baraya Ramadhan Berbagi”, dimana ratusan paket sembako disebar kepada 14 Desa yang nanti ya akan dibagikan kepada orang yang berhak menerima sesuai dengan data inventarisasi dari anggota Baraya dari perwakilan tiap desa.

Untuk diketahui, Yayasan Baraya Dalapan Lima merupakan Yayasan yang berintikan komunitas alumni SMPN Cilimus lulusan tahun 1985. Selama ini aktif dalam berkegiatan sosial. Yayasan yang berdiri Desember 2014 ini, selain aktif berkegiatan sosial, kini mengembangkan kegiatan ekonomi, bahkan kini telah berdiri koperasi konsumen dengan nama Baraya Sejahtera Bersama. Dimana Kegiatan ekonomi yang dikembangkan adalah membuka warung dengan berjualan makanan dan minuman.

Ramadhan Berbagi Ratusan Paket Sembako Bersama Yayasan Baraya Dalapan Lima
Pengurus Yayasan Baraya Dalapan Lima, foto bersama sebelum menyebarkan ratusan paket sembako Ramadhan, Minggu (7/4/2024). Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com

Ketua Yayasan Baraya Dalapan lima Yayan Henri Danisukmara MSi, menjelaskan, kegiatan sosial keagamaan tersebut merupakan partisipasi segenap alumni di berbagai daerah, sebagai rasa kepedulian terhadap warga di kampung halaman. Yayan mengatakan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan tiap tahun dan telah berjalan lebih dari 8 tahun, sebagaimana juga santunan bulanan bagi anak yatim yang disantuni setiap bulannya. Bahkan setiap tahunnya selalu berjalan kegiatan- kegiatan untuk menebar kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

“Alhamdulilah semoga pahala dari kegiatan ini dihadiahkan untuk para orang tua kami, guru-guru kami, dan tidak lupa untuk para sahabat kami yang telah berpulang ke rahmatullah,Tujuan pelaksanaan Baraya Ramadhan berbagi selain untuk meningkatkan kepedulian terhadap warga sekitar. Ini juga bagian dari mengisi ibadah selama bulan ramadhan dengan harapan dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap allah swt juga mendapatkan ridho nya,” harap Yayan, Minggu (7/4/2024)

Lebih rinci Yayan menjelaskan, Kegiatan yang dilaksanakan sebagian besar berasal dari donasi alumni yang terlibat. Seperti untuk Baraya Ramadhan barbagi tahun ini terkumpul Rp30.880.000 yang diperuntukan untuk berbagi buka puasa Rp11.185.000 dan berbagi sembako sebanyak Rp19.695.000. Selain program Ramadhan berbagi, setiap dua tahun sekali juga dilaksanakan bakti sosial berupa sunatan massal, yang Oktober 2023 lalu sudah terlaksana untuk yang ke lima kalinya.

“Tujuan pelaksanaan Baraya Ramadhan Berbagi selain untuk meningkatkan kepedulian terhadap warga sekitar, juga bagian dari mengisi ibadah selama bulan Ramadan dengan harapan dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT untuk mendapatkan ridhonya,” ucap Yayan.

Tidak lupa, dirinya tas nama segenap Pembina, pengurus dari yayasan Baraya Dalapan Lima menyampaikan mohon maaf lahir batin di Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, semoga amalan ibadah semuanya dapat diterima dan mendapat ridha dari Allah SWT.

“Semoga negara kita senantiasa aman, dan pemerintah dapat menjalankan amanah untuk kesejateraan masyarakat, ekonomi bertumbuh dan masyarakat semakin sejahtera. Kemampuan kami terbatas utuk dapat menjangkau yang lebih luas. Oleh karenanya kami juga mohon maaf jika diantara tetangga yang mendapat sedang yang lainnya tidak,” imbuhnya.

Cek Juga

Sosok Acep Dimata Yanuar : Banyak Berjasa untuk Kuningan

Sosok Acep Dimata Yanuar : Banyak Berjasa untuk Kuningan

SiwinduMedia.com – Wafatnya mantan Bupati Kuningan Periode 2018-2023 H Acep Purnama menjadi kabar duka yang …